Nggak Selalu Sama, Ini 4 Tipe Orang Saat Menghadapi Masalah

Saat masalah menerpa setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menghadapinya, tidak selalu sama. Lantas, apa saja caranya?

Setiap manusia pasti pernah memiliki masalah dalam hidupnya. Baik itu permasalahan kecil atau permasalahan besar.  Namun, tipe orang saat menghadapi masalah ternyata berbeda-beda lho. Ada orang yang mendahulukan emosi saat berhadapan dengan masalah, tetapi ada juga orang yang begitu bijaksana dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalahnya tersebut.

Nah, berikut ini beberapa tipe orang saat menghadapi masalah. Kira-kira kamu tipe yang mana ya? Coba simak dan kenali.

1. Lari dari Masalah

Tipe pertama adalah orang yang suka lari dari masalah. Tidak peduli masalah kecil atau besar. Orang dengan tipe ini lebih memilih untuk lari meninggalkan masalah tersebut, tanpa mencari solusi apapun. Tentu saja sikap seperti hanya akan membuat masalah menjadi semakin panjang dan tidak ada ujungnya, hingga akhirnya menumpuk dan tidak terselesaikan.

2. Tukang Ngeluh

Tipe Orang saat Menghadapi Masalah (via Suara Sukabumi)

Selain tipe lari dari masalah, ada juga tipe tukang ngeluh. Sebenarnya mengeluh adalah hal yang wajar. Sebagai manusia, tentu ada rasa lelah ketika dihampiri masalah, apalagi jika terjadi pada satu waktu sekaligus. Namun terus-terusan mengeluh hanya akan membuat jengkel orang sekitar yang mendengarnya dan tidak memberikan solusi sama sekali. Orang-orang dengan tipe ini biasanya merasa paling menderita di dunia ini. Bahkan tidak jarang mereka membandingkan kehidupannya dengan orang lain.

3. Gercep Mencari Solusi

Tipe Orang saat Menghadapi Masalah (via Tribunnews.com)

Selanjutnya ada juga tipe orang yang gerak cepat mencari solusi permasalahan yang sedang dia hadapi. Dapat terlihat, bahwa tipe ini adalah tipe yang paling bijaksana.  Daripada dibiarkan berlarut-larut yang hanya bikin pusing kepala, sebaiknya segera cari solusi agar masalah cepat teratasi. Lalu, melanjutkan kehidupan kembali.

4. Bertindak Gegabah

Tipe Orang saat Menghadapi Masalah (via Knowledge Train)

Terakhir, ada tipe orang yang sering bertindak gegabah ketika sedang dihadapkan dengan masalah. Mungkin maksudnya agar masalah tersebut cepat selesai. Namun, alih-alih selesai tindakan gegabah yang dilakukan tanpa pertimbangan matang seringkali menjadikan masalah tersebut lebih rumit. Orang dengan tipe ini tidak memikirkan secara mendalam risiko apa yang mungkin terjadi nanti. Mereka hanya menuruti emosi sesaat yang justru bisa memperburuk suasana.

Nah, itu tadi beberapa tipe orang saat menghadapi masalah. Kalau kamu kira-kira tipe yang mana, nih?

Tipe Orang saat Menghadapi Masalah (via Hai Bunda)