Viral di TikTok, Ini 4 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Keriting

Lidah buaya memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, tak lepas juga untuk rambut keriting. Apa saja manfaatnya?

Sudah menjadi rahasia umum kalau lidah buaya bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Namun, kamu sudah tahu belum tentang manfaat lidah buaya untuk rambut keriting? Beberapa waktu lalu, sempat viral di TikTok tentang lidah buaya yang digunakan sebagai bahan alami untuk merawat rambut keriting. Sebuah akun bernama @deni.medeiross mengaku dirinya menggunakan gel lidah buaya untuk merawat rambutnya yang keriting.

Hal tersebut tentu tidak mengherankan, sebab gel lidah buaya sendiri bersifat humektan yang dapat melembabkan, merawat rambut serta kulit kepala. Kalau kamu juga punya jenis rambut serupa, yuk! Cari tahu apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut keriting berikut ini.

1. Membantu Menjaga Keseimbangan pH Kulit Kepala

Perlu diketahui bahwa gel lidah buaya memiliki tingkat pH 4,5-5,5, sehingga gel tersebut dapat membantu menyeimbangkan pH pada kulit kepala. Oleh karena itu, ketika kamu keramas menggunakan sampo dengan kandungan surfaktan, maka kulit kepala tidak akan mengalami iritasi, pengelupasan, dan kekeringan.

2. Merawat Rambut Kering

Lidah Buaya untuk Rambut Keriting (via Viva)

Tahu nggak sih kalau struktur rambut keriting ternyata dapat membuat rambut lebih rentan menjadi kering. Itu dikarenakan, rambut jenis ini memiliki minyak alami yang lebih sulit menyebar di kulit kepala hingga rambut. Maka dari itu, penggunaan gel lidah buaya secara rutin akan dapat membantu menghidrasi rambut dan juga kulit kepala.

3. Melembapkan Kulit Kepala

Lidah Buaya untuk Rambut Keriting (via Beautynesia)

Gel lidah buaya juga dapat berfungsi sebagai pelembap kulit kepala dan rambut. Hal ini disebabkan gel lidah buaya bersifat emolien dan humektan yang merupakan bahan alami dengan sifat melembabkan.

Kandungan emolien berarti dalam gel lidah buaya mengandung kandungan minyak yang membantu mengatasi lapisan kulit yang kering. Sementara, humektan adalah kemampuan mengambil kelembapan dari udara untuk disimpan dan dimanfaatkan oleh kulit. Tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki molekul gula yang dapat membantu mempertahankan kelembapan rambut.

4. Meningkatkan Kekuatan Rambut

Lidah Buaya untuk Rambut Keriting (via infobanten)

Terakhir, lidah buaya juga mengandung vitamin C dan E yang bermanfaat untuk menguatkan dan menjaga elastisitas rambut. Bahkan senyawa aloenin dalam lidah buaya juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Dengan begitu, rambut yang sering diberi lidah buaya menjadi lebih kuat dan lebih cepat tumbuh secara alami.

Jika kamu sudah tahu apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut keriting, kamu bisa mulai menambahkan lidah buaya di rutinitas hair care-mu. Semoga cocok dan rambutmu menjadi lebih indah!

Lidah Buaya untuk Rambut Keriting (via CNN Indonesia)