Daftar Gunung yang Ditutup Sementara di Tahun 2019, Penting!

Daftar gunung yang ditutup sementara di tahun 2019, kira-kira gunung mana aja ya? para pendaki wajib tahu~

Hei gengs! Buat kamu para pendaki kayaknya ada kabar kurang bagus nih di awal tahun 2019 ini. Pasalnya jalur pendakian di beberapa gunung terkenal akan ditutup sementara pada tahun ini.

Ada berbagai alasan kenapa gunung ini ditutup untuk umum, yang jelas ada yang beralasan pemulihan ekosistem sampai faktor cuaca buruk. Berikut daftarnya.

1. Gunung Raung

Daftar gunung yang ditutup sementara pada tahun 2019 ini yang pertama adalah gunung Raung. Buat sementara  pendakian Gunung Raung via Kalibaru ditutup satu bulan. Terhitung mulai tanggal 1 Januari hingga 31 Januari 2019.

Gunung Raung(blog.traveloka.com)

2. Gunung Arjuno Welirang

Buat mengantisipasi cuaca buruk, jalur pendakian Gunung Arjuno Welirang akan ditutup mulai 20 Desember 2018 nanti sampai batas yang belum bisa ditentukan.

Gunung Arjuno Welirang (maribolangyuk.blogspot.com)

3. Gunung Salak

Buat aktivitas pendakian di gunung salak Jawa Barat juga di tutup awal tahun ini. Penutupan ini ternyata sudah berlaku sejak 18 Desember tahun 2018 silam sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Gunung Salak (Kumparan.com)

4. Gunung Gede Pangrango

Kabarnya jalur pendakian Gunung Gede Pangrango bakalan ditutup selama 3 bulan. Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2019 hingga 31 Maret 2019. Informasi ini disampaikan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) melalui surat edaran dengan nomor SE/689/BBTNGGP/BIDTEK/Tek.P2/1/2018.

Gunung Gede Pangrango (baabun.com)

5. Gunung Merbabu

Aktivitas pendakian di gunung merbabu mulai ditutup mulai 30 Desember 2018 silam sampai ada pemberitahuan yang selanjutnya. Penutupan ini dilakukan karena cuaca buruk akhir-akhir ini. Hal ini tertuang dalam surat edaran dengan nomor SE.709/T.35/TU/EVLAP/2018.

Gunung Merbabu (cnnindonesia.com)

6. Gunung Rinjani

Buat mengantisipasi cuaca buruk, jalur pendakian Gunung Rinjani akan ditutup mulai 1 Januari 2019 sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan juga.  Informasi ini disampaikan lewat surat edaran dengan nomor PG.2176/T.39/TU/KSA/12/2018 tentang Penutupan Jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani (nnindonesia.com)

7. Gunung Prau

Jalur pendakian gunung yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini bakalan ditutup mulai 6 Januari sampai 5 April 2019. Penutupan ini akan berlaku untuk basecanp pendakian.

Gunung Prau (wisataku.id)

8. Gunung Semeru

Pendakian Gunung Semerru akan ditutup sebagai upaya pemulihan ekosistem, mulai tanggal 3 Januari 2019 sampai pemberitahuan selanjutnya. Penutupan jalur ini akan disampaikan lewat surat edaran dengan nomor PG .03/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2018.

Jadi mulai sekarang, kalian perlu mencatat info-info gunung yang ditutup ya gengs, biar gak terlanjur kesana, ehhh ... tau-tau tutup deh, hihihi.

Gunung Semeru (Nyero.ID)