4 Makanan yang Bisa Menurunkan Asam Urat, Sudah Tahu Belum?

Ada berbagai makanan yang dapat memberikan manfaat baik pada tubuh, termasuk menurunkan asam urat. Makanan apa saja kah itu?

Asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri pada area persendian. Para penderitanya wajib menghindari makanan seperti jeroan, daging merah, makanan laut, dan juga makanan minuman manis. Namun, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melawan asam urat, seperti menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan asam urat.

Ke depannya, agar kamu nggak salah pilih makanan. Berikut daftar makanan yang aman, sekaligus bisa menurunkan asam urat. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Pisang

Makanan pertama yang bisa bantu menurunkan asam urat adalah pisang. Buah berwarna kuning ini mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat mencegah pembentukan kristal asam urat dalam tubuh. Selain itu, pisang juga dapat mencegah pengerasan kristal asam urat, sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh ginjal.

2. Susu Rendah Lemak

Makanan Penurun Asam Urat (via Lifestyle Kompas)

Susu rendah lemak memang dikenal baik untuk penderita asam urat. Susu rendah lemak mengandung protein yang dapat melancarkan pembuangan asam urat melalui urine. Dengan begitu, risiko asam urat kambuh dapat menurun.

3. Sayuran Rendah Purin

Makanan Penurun Asam Urat (via Lifepack.id)

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa beberapa sayuran justru menjadi musuh besar penderita asam urat, yakni seperti bayam atau asparagus. Kedua sayur tersebut mengandung purin yang merupakan pantangan asam urat. Namun, ada juga sayuran yang bisa membantumu menurunkan asam urat. Beberapa sayuran yang sebaiknya penderita asam urat  konsumsi adalah tomat, wortel, dan brokoli yang rendah purin dan mengandung antioksidan yang baik untuk penderita asam urat.

4. Teh Hijau

Makanan Penurun Asam Urat (via Pikiran Rakyat Situbondo)

Jika kamu suka minum teh di pagi hari, kamu bisa ganti teh yang biasa kamu minum dengan teh hijau. Sebab, teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat menghambat produksi asam urat dalam tubuh dan juga mencegah pengkristalan asam urat dan batu ginjal.

Dengan mengetahui beberapa makanan penurun asam urat itu, diharapkan kamu bisa mengatasi asam urat dengan baik. Catat dengan benar, agar kamu nggak salah pilih makanan dan semakin sehat.

Makanan Penurun Asam Urat (via Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan)