4 Manfaat White Truffle untuk Kulit, Jamur Langka dengan Beragam Khasiat

Apa saja manfaat white truffle untuk kulit? Yuk simak ulasan tentang jamur langka yang memiliki kualitas tinggi ini!

Kamu pernah tahu tentang white truffle? White truffle merupakan jamur langka yang memiliki kualitas tinggi, bahkan disebutkan bahwa manfaat white truffle untuk kulit sangat banyak. Benarkah demikian?

Mengutip National Library of Medicine (NCBI) melalui laman Journal Sociolla, white truffle mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit, seperti vitamin A, B, C, D, dan K, fatty acids, mineral, protein, amino acid, lipid, fenolat, terpenoid, polisakarida, dan filosterol. Lantas, apa saja manfaat white truffle untuk kulit jika dijadikan bahan skincare?

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat white truffle yang pertama adalah sebagai anti aging karena jamur ini mengandung antioksidan yang dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan flek.

Selain itu, kandungan fatty acid di dalamnya juga baik dalam menjaga kelembaban kulit dan elastisitasnya. Bahkan vitamin B dan peptide di dalamnya juga bisa membantu proses regenerasi kulit lho.

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat White Truffle untuk Kulit (via Sociolla)

Kandungan vitamin B3 atau niacin, B6, dan B12, dan vitamin C yang tinggi dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi kulit sekaligus mencerahkannya. Tidak hanya itu, kandungan-kandungan tersebut juga bisa menghambat enzim tirosinase yang bertugas membentuk pigmen kulit, sehinggal bintik hitam dapat dicegah.

3. Memperbaiki Kondisi Kulit

Manfaat White Truffle untuk Kulit (via Merdeka)

Selanjutnya white truffle juga mengandung enzim superoxide dismutase (SOD) yang dapat membantu memperbaiki kulit rusak yang disebabkan oleh radikal bebas dan penyebab lainnya. Tidak hanya itu, kandungan amino acidnya juga dapat meningkatkan fungsi skin barrier sehingga kulit tidak mudah rusak.

4. Menenangkan Kulit Iritasi

Manfaat White Truffle untuk Kulit (via Republika)

Manfaat white truffle untuk kulit yang terakhir adalah sebagai penenang kulit yang mengalami iritasi. Hal ini dikarenakan white truffle mengandung fenolat, terpenoid, polysaccharides, dan phytosterols yang bersifat anti inflamasi.

Nah, itu tadi beberapa manfaat white truffle untuk kulit. Beberapa skincare sudah menambahkan bahan jamur langka dan mahal ini ke dalam campurannya, dengan begitu semua manfaat whte truffle bisa langsung dapat dirasakan.

Manfaat White Truffle untuk Kulit (via Parapuan)