5 Tips Menyimpan Makanan Saat Berkemah Biar Nggak Cepat Basi

Saat berkemah, kamu juga bisa menyimpan makanan sendiri agar nggak cepat basi. Bagaimana caranya?

Mengisi liburan dengan berkemah memang menyenangkan. Namun, kamu juga harus tahu tips menyimpan makanan saat berkemah agar bahan makanan yang kamu bawa untuk memasak di perkemahan tidak cepat basi. Itu karena selama berkemah tidak ada lemari es untuk menyimpan makanan.

Maka dari itu pemilihan bahan dan pengemasan yang tepat tentu akan memengaruhi ketahanan bahan makanan yang kamu bawa. Lantas, bagaimana caranya agar makanan yang kamu bawa saat berkemah tidak cepat membusuk? Merangkum dari berbagai sumber, ini beberapa tipsnya.

1. Bungkus Sayur dengan Kertas

Cara pertama agar sayur yang kamu bawa saat berkemah tidak mudah membusuk adalah dengan membungkusnya menggunakan kertas koran. Kertas koran ini digunakan agar sayur yang kamu bawa tidak cepat layu, dan tetap segar saat akan dimasak. Cara ini sebenarnya sudah cukup umum dilakukan di banyak supermarket atau lokasi yang menjual sayuran.

2. Jangan Mencuci Sayuran Sebelum Dibungkus

Menyimpan Makanan saat Berkemah (via Kompas.com)

Mungkin kamu ingin sayuran yang kamu bawa sudah bersih dan tinggal memasaknya saja saat berada di perkemahan. Namun, hal itu justru tidak dianjurkan lho. Seperti halnya memperlakukan daging, ternyata mencuci sayuran sebelum dibungkus koran hanya akan membuatnya lebih cepat busuk. Pasalnya, bakteri semakin banyak menempel sehingga mempercepat pembusukan.

3. Gunakan Wadah Kedap Udara

Menyimpan Makanan saat Berkemah (via Halodoc)

Selain menggunakan koran seperti yang disebutkan tadi, kamu juga bisa menyimpan bahan makanan yang kamu bawa dengan menggunakan wadah kedap udara. Sebab, udara bisa menyebabkan makanan menjadi kering dan cepat membusuk. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menggunakan vakum untuk menyedot udara sebelum makanan dibungkus plastik.

4. Gunakan Tekhnik Pengeringan

Menyimpan Makanan saat Berkemah (via detikFood)

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan teknik pengeringan agar bahan makanan yang kamu bawa lebih awet. Caranya dengan menggantung bahan makanan di bawah sinar matahari atau menggunakan oven. Setelah itu, kamu bisa menyimpannya pada wadah kedap udara.

5.  Bawa Bahan Makanan yang Tahan Lama

Menyimpan Makanan saat Berkemah (via Fakta Unik)

Saat berkemah ada baiknya pilih bawa bahan makanan yang tahan lama, seperti tepung, kacang-kacangan, mie keriting, dan beras. Bahan-bahan tersebut dijamin tidak mudah basi dan cukup kamu simpan di dalam plastik atau toples dengan penutup yang erat.

Memahami tips menyimpan makanan saat berkemah agar nggak cepat basi sangat penting karena bisa menjaga makanan tetap enak. Dengan demikian, kamu nggak perlu takut kelaparan selama di lokasi camping. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Menyimpan Makanan saat Berkemah (Tirto.id)