Pastikan Nyaman! Begini Tips Liburan Bersama Lansia

Berlibur bersama orang tua memang menyenangkan, tapi tetap pastikan orang tua kita nyaman. Bagaimanakah caranya?

Pergi berlibur bersama keluarga besar memang momen yang menyenangkan. Meski demikian, kondisi mungkin akan berbeda jika dalam rombongan ada orang-orang yang sudah berumur dan tentunya secara fisik tak sebugar anak muda.

Karenanya jangan sembarangan! Kamu harus tahu tips liburan bersama lansia agar orang tua kamu merasa nyaman dan juga bisa menikmati momen liburan tersebut. Lantas, apa saja yang harus kamu persiapkan agar liburan bersama orang tua menjadi menyenangkan dan jauh dari gangguan?

1. Cek Kesehatan

Sebelum mengajak orang tua pergi liburan, sebaiknya kamu meminta orang tua kamu untuk melakukan cek kesehatan ke dokter. Orang lansia sering kali memiliki masalah pada kesehatannya dan hal ini harus diprioritaskan. Jika setelah pengecekan tidak ditemukan masalah kesehatan yang serius dan dokter mengizinkan, maka tidak ada masalah untuk berlibur.

2. Bawa Semua Perlengkapan

Tips Liburan Bersama Lansia (via ProSehat)

Selain melakukan cek kesehatan, ada baiknya juga kamu membawa semua perlengkapan yang dibutuhkan orangtua kamu. Barang yang dibutuhkan lansia biasanya nggak kalah banyak lho, mulai dari bantal, baju, obat, dan masih banyak lagi. Pastikan tidak ada barang yang terlewat sehingga kalian tetap nyaman selama liburan.

3. Pilih Transportasi yang Tepat

Tips Liburan Bersama Lansia (via Enervon)

Selanjutnya kamu juga harus mempertimbangkan transportasi, mengingat lansia biasanya mudah lelah dan sakit pinggang. Kamu wajib memilih transportasi yang cepat dan tepat sehingga selama perjalanan orang tua kamu tidak merasa kelelahan. Pastikan juga transportasi yang kamu pilih menyediakan fasilitas yang memadai untuk para lansia.

4. Pilih Destinasi Liburan yang Aman

Tips Liburan Bersama Lansia (via Okezone Travel)

Terakhir, kamu wajib memilih destinasi liburan yang aman untuk anak dan lansia. Jangan memilih tempat liburan yang areanya licin, terjal, atau yang berbahaya. Pastikan juga jarak tempuh tidak terlalu jauh, agar orang tua kamu tidak merasa kelelahan selama di perjalanan. Jarak perjalanan tentu akan memengaruhi mood selama liburan. Maka dari itu, pertimbangkan baik-baik ya!

5. Lakukan Perjalanan dengan Fleksibel

Tips Liburan Bersama Lansia (via SIGMA INTERAKTIF)

Buat jadwal perjalanan yang fleksibel, berikan waktu ekstra untuk istirahat dan pemulihan. Hindari rencana yang terlalu padat sehingga lansia memiliki cukup waktu untuk beristirahat. Pahami batasan fisik dan mental mereka. Hindari aktivitas yang terlalu melelahkan atau stres. Berikan dukungan dan kesabaran saat mereka membutuhkannya.

Pastikan untuk memperhatikan kebutuhan khusus mereka, seperti kursi roda, fasilitas toilet yang mudah diakses, atau ruang istirahat. Ajak mereka berpartisipasi dalam perencanaan sehingga mereka merasa nyaman dan terlibat.

Demikian tadi beberapa tips liburan bersama lansia agar semuanya nyaman dan merasa senang saat berlibur hingga pulang ke rumah dengan selamat. Layaknya membawa balita, pergi bersama orang tua memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.