Jangan Kelewatan, Begini 4 Dampak Buruk Overconfidence di Tempat Kerja

Ada banyak dampak buruk overconfidence di tempat kerja yang harus kamu tahu agar tidak membahayakan dirimu sendiri. Apa saja?

Memiliki rasa percaya diri yang tinggi memang akan membuatmu lebih mudah melakukan banyak hal. Tapi jangan kelewatan ya. Sebab ada banyak dampak buruk overconfidence di tempat kerja yang harus kamu tahu agar tidak membahayakan dirimu sendiri.

Perlu diketahui, orang-orang yang overconfidence umumnya merasa bahwa dirinya jauh lebih baik dari orang lain. Jika hal tersebut dibiarkan lama-kelamaan bisa menimbulkan konflik di lingkungan kerja. Nah, sebelum terjadi hal-hal buruk yang tidak diingkan. Yuk, pahami dulu apa saja dampak negatif jika kamu memelihara sikap overconfidence.

1. Rentan Akan Konflik

Mengutip laman Halodoc, sikap overconfidence bisa menimbulkan rasa kesal pada rekan kerjanya. Sebab orang-orang yang overconfidence selalu merasa lebih dan suka meremehkan orang lain. Hal tersebutlah yang bisa meningkatkan konflik. Akhirnya lingkungan kerja menjadi tidak nyaman dan proditivitas pun menjadi terhambat.

2. Suka Menyalahkan Orang Lain

Dampak Buruk Buruk Overconfidence di Tempat Kerja (via Halodoc)

Seseorang yang memelihara sikap overconfidence selalu merasa hebat dan tidak pernah gagal atau salah. Bahkn meski sudah terdapat bukti bahwa dirinya salah, dia tetap akan melempat kesalahan pada orang lain. Tentu saja hal tersebut akan berdampak sangat buruk dalam lingkungan kerja. Bahkan orang tersebut bisa dihindari oleh-oleh teman-teman sekantornya.

3. Kecelakaan Kerja

Dampak Buruk Buruk Overconfidence di Tempat Kerja (via Sociolla)

Orang yang merasa overconfidence menganggap enteng segala peraturan. Hal tersebut dapat berakibat pada kecelakaan kerja yang bisa saja terjadi. Dengan tidak patuh pada peraturan, tidak hanya berdampak para orang tersebut, melainkan rekan kerja lainnya juga bisa terdampak.

4. Sulit Berkembang

Dampak Buruk Buruk Overconfidence di Tempat Kerja (via Kabar Media)

Orang yang memiliki sikap overconfidence maka dia akan sulit berkembang. Sebab dia sudah merasa hebat dan enggan menerika kritikan dari orang lain. Bahkan untuk instropeksi diri saja dia tidak mau. Lantas, bagaimana mau berkembang.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja dampak buruk overconfidence di tempat kerja. Bukan hanya membuat reputasimu buruk, hal ini juga bisa mempengaruhi hubunganmu dengan rekan sekantor. Masih mau tetap mempertahankan sikap tersebut?

Dampak Buruk Buruk Overconfidence di Tempat Kerja (via Finansialku)