Gaya Pakaian Saat Umroh: Outfit Nyaman Tetapi Tetap Syar’i

Saat umroh gaya pakaian yang dipilih sebaiknya mengutamakan kenyamanan dan sesuai syariat, agar umroh bisa berjalan dengan baik. Bagaimana ya tipsnya?

Gaya pakaian umroh mempunyai keunikan tersendiri yang mencerminkan nilai-nilai kesederhanaan, kenyamanan, dan kesopanan. Kamu dapat mengekspresikan kepribadian dan keimananmu melalui pilihan busana yang sesuai dengan syariat Islam ketika beribadah dan perjalanan ke tanah suci. Penampilanmu akan semakin maksimal selama menjalankan umroh jika mengikuti beberapa tips berikut ini. Catat ya!

1. Busana Ihram yang Simpel dan Elegan

Ihram, pakaian khusus yang dikenakan saat memulai ibadah umroh, biasanya terdiri dari dua helai kain putih tanpa jahitan yang melambangkan kesederhanaan. Kamu bisa menambahkan sentuhan personal dengan memilih jenis kain yang nyaman dan mudah menyerap keringat selama beribadah.

2. Jubah atau Gamis yang Longgar dan Modis

Gaya Pakaian Umroh (via Republika)

Selama di Makkah dan Madinah, busana yang longgar seperti jubah atau gamis bisa menjadi pilihan yang tepat. Pilihlah bahan yang ringan dan nyaman, serta pastikan potongannya tidak terlalu ketat agar tetap sesuai syariat Islam. Untuk melengkapinya, kamu bisa menggunakan outer yang memiliki aksen tertentu.

3. Khimar atau Kerudung Syar’i  

Gaya Pakaian Umroh (via Instagram/dianpelangi)

Bagi wanita, pemilihan khimar atau kerudung adalah bagian penting dalam berbusana saat umroh. Pilihlah khimar yang lebar, menutupi dada, dan nyaman dipakai agar memudahkan dalam beribadah tanpa harus merasa terganggu.

4. Pilih Warna yang Netral atau Cerah

Gaya Pakaian Umroh (via Parapuan)

Meskipun warna putih adalah simbol umum untuk pakaian ihram, kamu juga bisa memilih warna netral seperti cokelat, krem, atau abu-abu untuk busana umroh lainnya. Hindari warna yang terlalu mencolok agar tetap menampilkan kesederhanaan.

5. Aksesori Sederhana dan Fungsional

Gaya Pakaian Umroh (via Dolan Digital)

Gunakan aksesori sederhana seperti tas kecil yang dapat membantu membawa perlengkapan pribadi seperti dokumen jemaah, handphone, alat salat, dan lainnya. Pastikan juga sepatu yang kamu pakai nyaman untuk digunakan selama beribadah.

Gaya pakaian saat umroh seharusnya memperhatikan aspek kenyamanan, kebersihan, serta sesuai dengan aturan agama. Dengan memadukan nilai-nilai fashion dan ajaran agama Islam, kamu dapat menjalankan ibadah umroh dengan penuh kekhusyukan sambil tetap tampil menawan.

Gaya Pakaian Umroh (via Hotelier)