7 Buah Pilihan Penurun Kolesterol yang Sehat dan Lezat!

Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi buah tertentu. Apa saja kah itu?

Kolesterol tinggi dapat menjadi masalah serius bagi banyak orang. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah penurun kolesterol. Buah-buahan memang sumber nutrisi yang menyehatkan serta kaya akan serat, antioksidan, bahkan senyawa-senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuhmu. Terutama, beberapa buah berikut yang telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol:

1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat (monounsaturated fat) yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat.

2. Jeruk

Buah Penurun Kolesterol (via Halodoc)

Jeruk, termasuk lemon, jeruk nipis, serta jeruk bali, mengandung flavonoid dan serat pektin yang telah terbukti bermanfaat menurunkan kolesterol.

3. Apel

Buah Penurun Kolesterol (via KONTAN)

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, apel membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah. Selain itu, apel juga mengandung flavonoid yang berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol.

4. Stroberi

Buah Penurun Kolesterol (via Alodokter)

Buah ini kaya akan antioksidan dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol pada tubuh.

5. Pisang

Buah Penurun Kolesterol (via Liputan6.com)

Pisang mengandung pektin yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu, pisang juga mengandung zat inulin yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol agar tetap stabil.

6. Delima

Buah Penurun Kolesterol (via Katadata)

Buah delima memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang tinggi dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

7. Bluberi

Buah Penurun Kolesterol (via Kompas.com)

Bluberi kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk menurunkan kolesterol dengan cara mencegah penumpukan lemak serta kerusakan di pembuluh darah jantung.

Menambahkan berbagai buah penurun kolesterol ini ke dalam pola makan harianmu dapat menjadi langkah awal yang baik dalam menjaga kesehatan. Namun, penting untuk diingat, bahwa menjaga pola makan seimbang dan gaya hidup aktif juga berperan penting dalam menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Buah Penurun Kolesterol (via Kompas.com)