Inilah Bahaya Memencet Jerawat, Bisa Sebabkan Infeksi Lho!

Banyak yang risih dengan jerawat di wajah hingga tidak sadar memencetnya. Tahukan kamu bahwa ada bahaya memencet jerawat yang mungkin muncul?

Munculnya jerawat apalagi di wajah bisa sangat mengganggu penampilan. Seringnya banyak yang risih dengan adanya jerawat dan tanpa sadar memencetnya. Bukannya cepat sembuh, kebiasaan memencet jerawat seperti ini bisa menimbulkan bahaya lho! Simak apa saja bahaya dari memencet jerawat berikut:

1.   Jerawat Menjadi Infeksi

Memencet jerawat akan menyebabkan luka. Di saat itu, bakteri di tangan akan berpindah pada luka yang terbuka. Karena itulah, tidak disarankan untuk memencet jerawat karena akan menyebabkan transfer bakteri hingga membuat kondisi jerawat menjadi meradang.

2.   Pemulihan Jerawat Akan Menjadi Lebih Lama

Bahaya Memencet Jerawat (via detikHealth)

Biasanya keinginan untuk memencet jerawat dimulai karena ingin mengeluarkan mata jerawat. Namun ternyata, walaupun mata jerawat telah hilang, permasalahan jerawat ini belum sepenuhnya selesai.

Ketika jerawat dipencet dan menimbulkan luka, maka yang terjadi adalah jerawat akan semakin lama untuk hilang. Jika seharusnya jerawat bisa hilang dalam sepekan, tapi jika dipencet bisa mengakibatkan proses penyembuhan lebih lama.

3.   Meninggalkan Bekas

Bahaya Memencet Jerawat (via KlikDokter)

Memencet jerawat dapat menyebabkan bekas luka yang sulit hilang. Bekas jerawat ini bisa saja hilang jika dilakukan perawatan secara alami, namun tentu perlu waktu lama. Karena itu, lebih baik untuk tidak memencet jerawat dan membiarkannya sembuh dengan bantuan obat jerawat.

4.   Wajah Menjadi Bopeng (Bolong-Bolong)

Bahaya Memencet Jerawat (via Realfood)

Kebiasaan sering memencet jerawat juga dapat berisiko membuat kulit menjadi bopeng. Hal ini karena kelenjar minyak di kulit lapisan dalam pecah. Lalu, bagian kulit menjadi kosong sehingga menimbulkan bolong.

Semakin besar ukuran jerawat maka akan semakin besar lubang yang ditinggalkan. Untuk mencegah adanya lubang pada kulit wajah, hindari memencet jerawat dengan menutupi jerawat menggunakan acne patch.

Memencet jerawat ternyata tidak menyelesaikan masalah melainkan memperparah kondisi jerawat. Bahaya memencet jerawat bisa mempengaruhi penampilanmu dalam waktu yang lama. Karena itu, penting untuk menahan diri dari keinginan tersebut.

Bahaya Memencet Jerawat (via Hello Sehat)