Tips Food Preparation untuk Bahan Daging, Lebih Awet dan Enggak Gampang Busuk!

Menyimpan daging kadang sangat problematik karena mudah busuk jika tidak ditangani dengan baik. Yuk intip tips food preparation dari bahan daging berikut ini!

Food preparation belakangan memang menjadi andalan baru para ibu rumah tangga saat menyiapkan makanan untuk keluarga. Dengan melakukan persiapan kecil seperti mengupas, memotong, dan lain-lain serta menyimpannya di kulkas, maka beban pagi hari akan sedikit berkurang. Meski demikian, masalah kadang muncul saat melakukan foodprep untuk bahan daging.

Meski demikian, kamu sebenarnya tidak terlalu khawatir. Sebenarnya daging yang disimpan di kulkas bisa bertahan cukup lama jika mendapatkan penanganan yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips food preparation dari bahan daging yang berbeda. Yuk simak!

Ikan

Bersihkan ikan, cuci bersih, dan potong langsung ke dalam beberapa bagian. Taburi garam atau perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Bisa juga langsung tambahkan kunyit dan bumbu lengkap agar bisa langsung digoreng. Simpan ikan di dalam wadah tertutup di freezer.

Daging Ayam

Food Preparation untuk Bahan Daging (via Helena Magdalena)

Cuci bersih ayam dan potong-potong. Masukkan ayam dalam beberapa wadah sesuai porsi masak agar ayam yang belum perlu digunakan masih tetap segar dan tidak perlu dikeluarkan dari freezer. Selain langsung disimpan, kamu bisa juga mengolahnya dahulu (diukep).

Daging Sapi

Food Preparation untuk Bahan Daging (via Cocina Vital)

Proses penyimpanan daging sapi agak berbeda karena tidak perlu dicuci sebelum disimpan. Hanya perlu disimpan dalam wadah tertutup di freezer. Jika daging kotor, cukup bersihkan menggunakan tisu dapur. Daging bisa dicuci jika akan diolah.

Udang

Food Preparation untuk Bahan Daging (via Cookpad)

Udang dicuci bersih namun tidak perlu diberi jeruk nipis, bisa diberi jeruk nipis saat akan dimasak saja. Masukkan ke wadah tertutup. Sedikit tips untuk membersihkan kotoran udang di bagian punggung tanpa perlu dibelah adalah dengan menggunakan tusuk gigi. Tusuk punggung udang dengan tusuk gigi dan tarik keluar kotoran udang.

Itulah beberapa tips melakukan food preparation untuk bahan daging yang berbeda. Sekarang, kamu bisa menyimpan daging siap masak dengan tenang tanpa takut busuk atau berubah rasa. Yuk coba!

Food Preparation untuk Bahan Daging (via Fimela)