Mitos atau Fakta: Cinta Hanya Bertahan 3 Tahun?

Mitos atau Fakta: Cinta Hanya Bertahan 3 Tahun?

Sudah tahu belum ges? Ternyata cinta intens yang kita rasakan terhadap seseorang di awal hubungan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa cinta itu bertahan tidak lebih dari 2 atau 3 tahun. Dan paling lama tidak lebih dari 7 tahun.

Nah, setelah melewati masa jatuh cinta yang menggebuitu, kamu memerlukan beberapa hal seperti:

1. Persahabatan

2. Rasa saling mendukung

3. Keintiman

4. Rasa saling menghormati

... jika hubungan itu ingin terus bertahan. Ya, fase setelahnya memang sedikit membosankan daripada perasaan awal yang penuh gairah intens. Tapi memang begitulah fase alami yang akan dilalui oleh semua hubungan.

Pada tahap ini, cinta yang intens berubah menjadi cinta kasih sayang yang umumnya dirasakan pasangan suami istri terhadap satu sama lain.

Rasa jatuh cinta yang menggebu hanya bertahan 3 tahun (tokopedia.com)

# Komponen-Komponen Cinta

Perasaan jatuh cinta terasa seperti satu hal. Satu hal yang membuat "ketertarikan yang kuat" pada orang yang kita cintai. Namun di balik itu semua, cinta sebenarnya terdiri dari berbagai komponen. Cinta sebenarnya merupakan kombinasi dari hal-hal berikut:

1. Kebutuhan: Kamu mencintai orang tersebut karena kamu membutuhkannya untuk alasan pribadi, apa pun alasannya.

2. Kompensasi: Kamu mencintai orang tersebut karena dia memberikan kompensasi atas hal-hal yang tidak kamu miliki.

3. Cinta Tanpa Syarat: Kamu mencintai orang tersebut sepenuhnya dan tanpa keraguan.

Misalnya, jika pikiran bawah sadarmu menemukan bahwa bersama orang tertentu membuat suasana hatimu baik, hal itu membuatmu merasa bahwa kamu mencintai orang tersebut agar kamu bisa tetap dekat dengannya.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun cinta sejati merupakan kombinasi dari ketiga hal ini, cinta pada akhirnya harus beralih dari kebutuhan dan kompensasi menuju cinta tanpa syarat. Hal ini membuat cinta semakin nyata dan membuka jalan bagi hubungan yang sehat.

Relasi suami istri yang penuh kasih sayang (popmama.com)

# Mengapa Beberapa Orang Tidak Bisa Melupakan Mantan?

Ada beberapa alasan kenapa seseorang sampai tidak bisa move on karena terus mengingat mantannya,aitu:

1. Pikiran Bahwa Nasib/Takdir Mengontrol Cinta

Orang yang tak bisa move on biasanya percaya bahwa cinta sejati terjadi begitu saja padahal secara tidak sadar kamu mewujudkannya untuk memenuhi kebutuhan psikologismu.

2. Mitos “The One” 

Mereka percaya konsep “The One” di mana orang mengira hanya ada satu orang yang cocok untuknya padahal sebenarnya ada banyak calon pasangan di luar sana yang bisa memenuhi kebutuhannya jika diberi kesempatan.

Keyakinan ini membuat orang terobsesi dengan mantannya karena mereka mengira dialah cinta sejati dan “The One”. Mereka menutup pintu bagi calon kekasih lainnya dan tidak pernah melupakan mantannya.

Namun hal ini salah karena menghalangi mereka untuk membiarkan diri mereka bertemu dengan orang lain yang dapat membuat mereka bahagia dan membangun hubungan yang memuaskan.

Cinta yang telah dirawat begitu lama (lifestyle.bisnis.com)