Jangan Asal-Asalan! Begini Tips Mencuci Brush Makeup Agar Riasan Tetap Sempurna

Brush adalah salah satu peralatan yang wajib dimiliki dan digunakan ketika ber-makeup. Namun, apakah kamu sudah tahu cara mencuci brush dengan benar?

Para pecinta makeup wajib banget tahu cara mencuci brush makeup dengan benar agar semua tetap terjaga kebersihannya dan tidak menimbulkan masalah kulit setelah pemakaian. Terkadang orang terlalu malas mencuci brush makeup-nya. Padahal hal ini wajib dilakukan, apalagi kalau kamu berprofesi sebagai MUA yang peralatan makeup kamu pasti dipakai banyak orang. Nah, biar brush kamu senantiasa bersih, berikut ini beberapa cara mencuci brush makeup yang bisa kamu ikuti.

1. Apa Saja Peralatan yang Dibutuhkan?

Sebelum mencuci brush makeup, sebaiknya kamu siapkan semua peralatan untuk mencuci terlebih dahulu. Mulai dari sabun, air hangat, dan wadah kecil. Selain sabun, kamu juga bisa kok menggunakan sampo untuk mencuci brush makeup. Namun sebaiknya, pilih sampo yang tidak mengandung sulfat ya.

2. Bilas Ujung Brush

Cara Mencuci Brush (via iStock)

Hal selanjutnya yang sebaiknya kamu lakukan adalah bilas ujung brush terlebih dulu dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar sisa produk makeup yang masih menempel bisa hilang.

3. Gunakan Larutan Air Sabun

Cara Mencuci Brush (via iStock)

Setelah membilas ujung brush, masukkan brush pada wadah kecil yang berisi larutan air sabun. Tekan perlahan hingga brush menempel pada bagian bawah wadah secara perlahan. Ulangi sampai semua sisa makeup terangkat.

Untuk hasil yang maksimal, ganti larutan air sabun beberapa kali sampai brush makeup kamu benar-benar bersih dan larutan air sabun menjadi lebih bening. Air sabun yang sudah bening menandakan bahwa sisa makeup yang menempel pada brush benar-benar bersih.

4. Cara Membilas dan Mengeringkan Brush

Cara Mencuci Brush (via iStock)

Kemudian bilas brush makeup kamu dengan air hangat sambil dorong brush kembali ke bentuk semula. Setelah itu, keringkan brush makeup dengan handuk yang bersih dan kering secara perlahan. Letakkan brush makeup di atas handuk tersebut. Kemudian gulung dan letakkan brush pada bagian bawah agar sisa air tidak mengalir ke bagian bulu brush.

Wah, ternyata cara mencuci brush makeup cukup mudah ya. Kamu bisa lakukan sendiri di rumah secara rutin, agar brush makeupmu selalu bersih.

Cara Mencuci Brush (via iStock)