Nggak Perlu Masuk Kulkas, Ini Tips Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama

Tips menyimpan sayuran agar tahan lama yang satu ini wajib banget dibaca oleh para ibu-ibu di rumah. Yuk cek di sini!

Tips menyimpan sayuran agar tahan lama yang satu ini wajib banget dibaca oleh para ibu-ibu di rumah. Sebab, kita tetap bisa lho membuat sayuran yang sudah dibeli di pasar tetap tahan lama meski tanpa masuk kulkas.

Kulkas memang biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti daging dan sayuran agar tahan lama dan tetap segar saat dimasak. Tapi kalau kulkas di rumah sedang rusak, bagaimana menyimpannya ya. Buat kamu yang ingin menyimpan sayuran tanpa masuk kulkas, yuk baca tips yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Sortir Sayuran

Cara pertama agar sayuran yang sudah kamu beli bisa tahan lama meski tanpa masuk kulkas adalah dengan menyortir sayuran tersebut. Sisihkan sayuran yang sudah layu. Dengan begitu, sayuran yang akan kamu masak masih dalam keadaan segar dan bagus.

2. Jangan Cuci Sayuran

Tips Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama (via Amartha Blog)

Setelah membeli sayuran, sebaiknya jangan langsung mencucinya. Sebab sayur memiliki pelindung alami. Jika kamu mencucinya maka kamu telah menghilangkan pelindung alami tersebut. Lebih baik, cuci sayuran tersebut ketika hendak dimasak saja.

3. Bungkus dengan Paper

Tips Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama (via Grid)

Cara ketiga agar sayuranmu lebih tahan lama adalah dengan membungkusnya menggunakan paper towel. Diketahui, paper towel ternyata bisa menyerap kelembaban secara maksimal. Jadi nggak gampang membusuk.

Namun ada sayuran hijau yang butuh kelembaban, seperti brokoli dan kembang kol. Jadi kamu bisa menyimpan dua sayuran tersebut dengan cara merendam bagian batangnya dengan air agar segar lebih lama.

4. Simpan di Tempat Kering

Tips Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama (via Femina)

Untuk sayuran seperti wortel, ada baiknya kamu menyimpannya di tempat yang kering. Sebab suhu yang lembab akan membuat wortel cepat busuk. Kamu bisa melapisi wortel dengan tisu atau lap untuk menjaganya tetap kering.

Tips menyimpan sayuran di atas bisa kamu terapkan agar tahan lama tanpa harus masuk ke dalam kulkas. Meski demikian, sebaiknya sayuran cepat dimasak agar kesegaran dan nutrisinya tidak keburu rusak. Selamat mencoba.

Tips Menyimpan Sayuran agar Tahan Lama (via SHARP Indonesia)