Donald Trump Pamer Surat Dokter yang Berisi Kondisi Kesehatannya, Apa Bunyinya?

Donald Trump Pamer Surat Dokter yang Berisi Kondisi Kesehatannya, Apa Bunyinya?

Donald Trump menandai ulang tahun ke-81 Presiden Joe Biden pada hari Senin (20/11) kemarin dengan merilis surat dari dokternya. Dalam surat dokter tersebut tertulis bahwa Trump berada dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang “sangat baik”.

Lucunya, surat yang diposting di platform media sosial Trump tidak memuat rincian yang mendukung klaimnya tersebut. Misalnya seperti pengukuran berat badan, tekanan darah dan kadar kolesterol, atau hasil tes apa pun. 

Bruce A. Aronwald, seorang dokter di New Jersey yang mengatakan bahwa dia telah menjadi dokter Trump sejak tahun 2021 dan baru-baru ini memeriksanya pada bulan September, melaporkan bahwa “pemeriksaan fisik Trump berada dalam kisaran normal dan pemeriksaan kognitifnya luar biasa.”

Surat dari Bruce A. Aronwald soal kesehatan Donal Trump (thedailybeast.com)

Dia menambahkan bahwa hasil laboratorium terbaru Trump “bahkan lebih baik daripada pengujian sebelumnya pada beberapa parameter paling signifikan” berkat penurunan berat badan baru-baru ini yang dia anggap sebagai hasil dari “perbaikan pola makan dan melanjutkan latihan fisik setiap hari, sambil mempertahankan jadwal yang ketat.”

Laporan ini muncul ketika usia menjadi salah satu isu utama dalam pemilu tahun 2024, yang mungkin akan membuat Trump dan Biden, presiden tertua di Amerika, akan saling berhadapan lagi.

Donald Trump kampanye untuk Pemilu AS 2024 (news.yahoo.com)

Meskipun Trump tidak jauh lebih muda dari Biden, jajak pendapat secara konsisten menunjukkan bahwa orang Amerika memandang usia sebagai faktor yang menjadi tanggung jawab presiden. Jajak pendapat yang dilakukan pada bulan Agustus oleh The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research menemukan bahwa 77% orang dewasa AS, termasuk 69% anggota Partai Demokrat, memandang Biden terlalu tua untuk bisa menjabat selama empat tahun lagi, sementara hanya 51% orang dewasa dan hanya 28% anggota Partai Republik mengatakan hal yang sama tentang Trump.

Meski begitu, para pesaing Trump berusaha menonjolkan usianya dengan menyoroti kesalahan Trump baru-baru ini, termasuk mencampuradukkan kota dan negara bagian tempat ia berkampanye.

“Menjadi presiden bukanlah pekerjaan bagi seseorang yang sudah memasuki usia 80 tahun,” kata Gubernur Florida Ron DeSantis, salah satu saingan Trump, kepada CNN pada hari Minggu, seraya menyebut dirinya sebagai pria yang “berada di puncak kehidupannya.”

Joe Biden ulang tahun ke-81(cnbcindonesia.com)