Mengenal Apa Itu Pengobatan Naturopati yang Dianggap Sebagai Pelengkap Pengobatan Medis

Mengenal Apa Itu Pengobatan Naturopati yang Dianggap Sebagai Pelengkap Pengobatan Medis

Pengobatan naturopati adalah sistem yang menggunakan pengobatan alami untuk membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Pengobatan ini mencakup banyak terapi, termasuk herbal, pijat, akupunktur, olahraga, dan konseling nutrisi.

Naturopati dibawa ke Amerika Serikat dari Jerman pada tahun 1800-an, namun beberapa pengobatannya sudah berusia berabad-abad. Saat ini, pengobatan tradisional ini telah dikombinasikan dengan beberapa aspek ilmu pengetahuan modern.

# Bagaimana Cara Kerja Pengobatan Naturopati?

Tujuan pengobatan naturopati adalah untuk merawat seluruh elemen dari tubuh manusia. Itu berarti pikiran, fisik, dan jiwa. Metode ini juga bertujuan untuk menyembuhkan akar penyebab suatu penyakit, bukan hanya menghentikan gejalanya.

Seorang dokter naturopati mungkin menghabiskan 1 hingga 2 jam untuk memeriksamu. Mereka akan mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatanmu, tingkat stres, dan kebiasaan gaya hidup. Mereka mungkin juga akan menyuruh pasien untuk melakukan tes laboratorium.

Pola makan ala naturopati (koran-jakarta.com)

Setelah itu, mereka biasanya akan mendiskusikan rencana kesehatan pribadimu. Pengobatan naturopati berfokus pada pendidikan dan pencegahan, sehingga dokter mungkin memberimu tips diet, olahraga, atau manajemen stres. 

Mereka mungkin menggunakan pengobatan komplementer seperti homeopati, pengobatan herbal, dan akupunktur. Mereka mungkin juga menggunakan sentuhan, seperti pijatan dan tekanan, untuk menciptakan keseimbangan dalam tubuhmu. Ini disebut terapi manipulatif naturopati.

Buku tentang naturopati (bukalapak.com)

# Siapa yang Melakukan Praktik Naturopati?

Kamu dapat menemukan orang-orang yang mendukung pengobatan naturopati di rumah sakit, klinik, pusat komunitas, dan kantor swasta. Mereka terbagi dalam tiga kelompok, dan mereka semua memiliki pendidikan dan latar belakang yang berbeda:

1. Dokter naturopati: Ini juga disebut dokter naturopati (ND) atau dokter pengobatan naturopati (NMD). Mereka biasanya bersekolah di sekolah tingkat pascasarjana empat tahun yang terakreditasi. Di sana mereka mempelajari ilmu-ilmu dasar yang serupa dengan yang dipelajari di sekolah kedokteran konvensional. 

Mereka juga mempelajari nutrisi, psikologi, dan terapi pelengkap seperti pengobatan herbal dan homeopati. Beberapa negara bagian dan teritori mengharuskan dokter naturopati memiliki lisensi. Artinya, mereka harus lulus ujian untuk berlatih dan mengikuti kelas pendidikan berkelanjutan.

2. Naturopati tradisional: Praktisi ini tidak bersekolah di sekolah kedokteran naturopati terakreditasi atau menerima lisensi. Pendidikan mereka sangat bervariasi.

3. Penyedia layanan kesehatan: Beberapa dokter, dokter gigi, dokter osteopati, ahli kiropraktik, dan perawat memiliki pelatihan dalam pengobatan naturopati. Banyak yang merupakan ND atau mereka mempelajari naturopati.

Sebelum memilih praktisi naturopati, tanyakan tentang pendidikan atau pelatihan mereka dan persyaratan izinnya di negaramu.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Debby Jean-Maria, Naturophatic Indonesia (tempo.co)