Serial "The Crown" Season 6 Rilis di Netflix, Begini Kronologi Kecelakaan yang Menewaskan Putri Diana

Serial "The Crown" Season 6 Rilis di Netflix, Begini Kronologi Kecelakaan yang Menewaskan Putri Diana

Pada akhir Agustus 1997, Putri Diana yang baru saja bercerai dari Pangeran Charles siap memulai babak baru dalam hidupnya.

Saat itu ia berusia 36 tahun, sementara Pangeran William berusia 15 tahun, dan Pangeran Harry berusia 12 tahun. 

Diketahui, Putri Diana menjalin hubungan romantis dengan Dodi Al Fayed, putra pemilik department store Harrods, Mohamed Al Fayed. Sebelum kecelakaan mobil yang menewaskan Putri Diana dan Dodi Al Fayed, pasangan baru ini sempat menghabiskan musim panas bersama dan berlibur di Prancis.

"The Crown" Season 6 (netflix.com)

# Kronologi Kecelakaan Mobil yang Ditumpangi Putri Diana

Pada tanggal 31 Agustus 1997, Diana dan Al Fayed yang sedang bepergian dengan mobil di Paris, bersama seorang sopir dan pengawal, dikejar oleh paparazzi. Pengemudi mobil, Henri Paul — yang kemudian ditemukan mabuk — berbelok ke terowongan yang membentang di sebelah Sungai Seine dalam upaya menghindari para fotografer. Namun kendaraan dengan cepat lepas kendali saat dikendarai dengan kecepatan 121 mph.

Kendaraan mereka menabrak tiang penyangga di terowongan Pont de l'Alma di Paris, terbalik. 

Al Fayed dan sopirnya tewas seketika. Sementara Putri Diana sempat dibawa ke Rumah Sakit Pitié-Salpêtrière untuk mendapat pertolongan.  

Selama berjam-jam dokter mencoba menghidupkan kembali jantungnya dengan CPR dan sengatan listrik, tetapi setelah mereka tidak dapat menghentikan pendarahan internal, mereka memutuskan untuk berhenti "dengan persetujuan bersama". Sang putri kemudian dinyatakan meninggal pada pukul 4:00 pagi pada tanggal 31 Agustus.

Putri Diana di "The Crown" Season 6 (netflix.com)

Musim ke-6 The Crown menggambarkan kehidupan Diana tepat sebelum kecelakaan mematikan itu dan setelahnya. Meski begitu, serial tersebut tidak akan menampilkan momen dampak sebenarnya. Serial "The Crown" Season 6 hanya merinci saat-saat terakhir kehidupan sang putri sebelum dia meninggalkan The Ritz bersama Al Fayed, termasuk panggilan telepon terakhir dengan putra-putranya yang terjadi di kehidupan nyata.

Pangeran Philip, Pangeran William, Earl Spencer, Pangeran Harry, dan Pangeran Charles saat pemakaman Putri Diana (dunia.tempo.co)