Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Saat Kamu Berhenti Merokok

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Saat Kamu Berhenti Merokok

Saat kamu memutuskan untuk berhenti merokok, ada baiknya jika kamu mengetahui apa yang akan terjadi saat kamu menjalani prosesnya. Beberapa orang hanya mengalami sedikit gejala ringan saat berhenti merokok, namun ada pula yang mengalami gejala yang lebih parah.

Banyak orang mendapati gejala penarikan diri hilang sepenuhnya setelah dua hingga empat minggu, meskipun bagi beberapa orang gejala tersebut mungkin bertahan lebih lama. Gejala cenderung datang dan pergi seiring waktu. Ingat, itu akan berlalu, dan kamu akan merasa lebih baik jika kamu bertahan dan berhenti untuk selamanya.

# Gejala Umum Berhenti Merokok

Pada hari-hari dan minggu-minggu pertama kamu berhenti merokok, naik turunnya emosi bisa terasa seperti naik rollercoaster. Membuat perubahan besar dalam hidup secara alami dapat meningkatkan emosi.

Beberapa orang menggambarkan berhenti merokok sebagai perasaan seperti kehilangan teman. Selama kamu memahami bahwa ini hanyalah sebuah tahapan dan apa yang kamu rasakan adalah normal, kamu dapat melewati masa-masa sulit dan merasa lebih percaya diri tanpa rokok.

Gejala umum yang mungkin kamu alami selama pemulihan meliputi:

1. Mengidam. Gejala ini mungkin kuat pada awalnya, tetapi biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Jika kamu menolak, kekuatan mereka akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Cara berhenti merokok (sehatnegeriku.kemkes.go.id)

2. Kegelisahan dan kesulitan berkonsentrasi atau tidur. Hal ini akan hilang seiring dengan terbiasanya tubuhmu untuk tidak merokok. Relaksasi dan pernapasan dalam dapat membantu.

3. Mudah tersinggung, marah, cemas, suasana hati tertekan – ini semua normal: jangan panik. Terima saja bahwa kamu akan menjadi emosional untuk sementara waktu dan itu akan berlalu.

4. Peningkatan nafsu makan dan penambahan berat badan. Ini mungkin berlangsung beberapa minggu. 

Gejala kurang umum yang mungkin kamu alami, yang juga akan hilang meliputi:

- gejala pilek seperti batuk dan bersin

- sembelit

- pusing atau pusing

- sariawan.

Manfaat berhenti merokok (infografis.okezone.com)

# Beberapa Hal yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Kamu Berhenti Merokok

Berikut ini beberapa hal yang akan terjadi padamu setelah kamu berhenti merokok:

1. Dalam waktu enam jam detak jantungmu akan melambat dan tekanan darahmu akan menjadi lebih stabil.

2. Dalam satu hari aliran darahmu akan hampir bebas nikotin, kadar karbon monoksida dalam darahmu akan turun, dan oksigen akan mencapai jantung dan ototmu dengan lebih mudah.

3. Dalam waktu satu minggu, indera perasa dan penciumanmu mungkin sudah membaik.

4. Dalam waktu tiga bulan batuk dan mengimu akan berkurang, fungsi kekebalan tubuh dan sirkulasi ke tangan dan kakimu akan membaik, dan paru-parumu akan menjadi lebih baik dalam mengeluarkan lendir, tar dan debu.

5. Dalam waktu enam bulan, tingkat stresmu kemungkinan besar akan menurun, dan kecil kemungkinan kamu untuk batuk berdahak.

6. Setelah satu tahun, paru-parumu akan lebih sehat dan pernapasan akan lebih mudah dibandingkan jika kamu terus merokok.

7. Dalam dua hingga lima tahun, risiko penyakit jantung akan turun secara signifikan (dan akan terus menurun seiring berjalannya waktu).

8. Dalam waktu lima tahun, risiko seorang wanita terkena kanker serviks akan sama dengan jika dia tidak pernah merokok.

9. Setelah 10 hingga 15 tahun, risiko terkena kanker paru-paru akan berkurang setengahnya dibandingkan seseorang dengan usia yang sama yang tetap merokok.

10. Setelah 20 tahun, risiko dirimu terkena serangan jantung dan stroke akan sama dengan risiko seseorang yang tidak pernah merokok.

Gimana, masih mau ngerokok atau berhenti aja nih?

Yang terjadi pada tubuh saat berhenti merokok (infografis.sindonews.com)