Tampak Serupa, Inilah 4 Perbedaan Nasi Uduk dan Nasi Liwet yang Wajib Kamu Tahu!

Memiliki rasa yang sama-sama gurih, apakah kamu sudah tahu apa perbedaan nasi uduk dan nasi liwet? Cari tahu di sini yuk!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum di masyarakat kita, bahwa nasi uduk dan nasi liwet sama-sama bercita rasa gurih. Meski sekilas tampak serupa, tapi ada beberapa perbedaan nasi uduk dan nasi liwet yang masih belum banyak orang tahu lho.

Nasi uduk dan nasi liwet termasuk olahan nasi yang memiliki banyak penggemar. Sebab, keduanya sama-sama lezat dan memiliki aneka lauk yang nikmat. Lalu apa saja perbedaan dari nasi liwet dan nasi uduk? Yuk, simak penjelasan singkat berikut:

1. Bahan Pembuatnya

Perlu kamu tahu, meskipun sama-sama memiliki rasa yang gurih, nasi uduk dan nasi liwet ternyata terbuat dari bahan yang berbeda lho. Nasi uduk dimasak dengan berbagai bahan, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan daun salam. Sementara nasi liwet dimasak dengan campuran daun pandan, serai, cabai rawit, dan campuran rempah lainnya.

2. Waktu Memasaknya

Nasi Uduk (via Masak Apa Hari Ini?)

Selanjutnya, kamu bisa membedakan nasi liwet dan nasi uduk dari lamanya proses memasak. Nasi uduk memiliki waktu memasak yang lebih lama, karena melalui dua kali proses masak. Pertama harus diaron terlebih dulu, kemudian dikukus. Lantas untuk nasi liwet hanya perlu dimasak di dalam panci yang sama, tanpa perlu proses berulang seperti nasi uduk.

3. Kota Asal

Proses Memasak Nasi Liwet (via Istana Catering Indonesia)

Selain dari bahan dasar dan waktu memasak, nasi uduk dan nasi liwet juga berasal dari kota yang berbeda. Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi, sedangkan nasi liwet adalah makanan yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah.

4. Lauk Pendamping

Nasi Uduk Khas Betawi (via Okezone Travel)

Terakhir, kamu bisa membedakan nasi uduk dan nasi liwet dengan memperhatikan lauk pendampingnya. Nasi uduk biasanya disajikan dengan lauk pendamping seperti ayam goreng, telur, tempe orek, kentang balado, bihun goreng, dan sayuran seperti mentimun atau kacang panjang. Sementara, nasi liwet disajikan dengan lauk seperti sayur labu, opor ayam, ayam bakar, dan teri goreng.

Itulah beberapa perbedaan nasi uduk dan nasi liwet yang bisa kamu perhatikan. Meskipun sama-sama gurih, ternyata banyak juga ya perbedaannya. Kalau kamu, sudah pernah mencicipi yang mana?

Lauk Nasi Liwet (via IDN Times)