Deretan Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Libur Panjang tanpa Perlu Keluar Rumah

Merencanakan kegiatan tanpa keluar rumah bisa menjadi momen istimewa bagi kamu bersama buah hatimu selama liburan panjang.

Merencanakan kegiatan tanpa keluar rumah bisa menjadi momen istimewa bagi kamu bersama buah hatimu selama liburan panjang. Meskipun tak bepergian jauh, ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan bersama anak di rumah. Tidak percaya? Berikut ini beberapa ide kegiatan yang menghibur dan mendidik yang bisa dilakukan dengan persiapan sederhana.

1. Membuat Proyek Kreatif

Kamu bisa memulai proyek kreatif seperti membuat kerajinan tangan, lukisan, atau bahkan membuat mainan dari barang-barang yang ada di rumah. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan tapi juga bisa membangkitkan imajinasi anak.

2. Pesta Baca Buku

Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Libur Panjang (via HappyFresh)

Kegiatan seru yang bisa dilakukan berikutnya adalah pesta baca buku dengan anak-anak. Ajak mereka memilih cerita-cerita yang menarik dan nikmati waktu bersama sambil membaca. Jika kamu membacakan buku untuk anak, jangan lupa terapkan teknik membaca Read Aloud disertai berbagai ekspresi bercerita agar cerita semakin seru dan hidup.

3. Membuat Teater Boneka

Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Libur Panjang (via SehatQ)

Anak-anak suka drama. Kamu bisa membuat mini teater boneka dari kardus dan membuat cerita bersama mereka. Agar lebih seru, ajak anak-anak memadukan pakaian yang ada untuk menjadi kostum karakter cerita yang dipilih.

4. Belajar tentang Alam

Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Libur Panjang (via Cakrapedia)

Meskipun di rumah aja, anak tetap bisa melakukan kegiatan mengenal alam. Ajak anak untuk menjelajahi alam sekitarnya, meskipun hanya di halaman rumah. Kamu bisa mengajak anak mempelajari tumbuhan, serangga, atau membuat kebun mini.

5. Menonton Film Bersama

Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Libur Panjang (via IntiPesan)

Kegiatan tanpa keluar rumah yang bisa dipilih selanjutnya adalah menonton film bersama. Pilih film-film yang bermutu pendidikan yang menghibur namun juga memberikan pesan moral atau pembelajaran penting. Siapkan juga popcorn dan snack yang sudah kamu siapkan bersama anak sebelumnya.

6. Pesta Piknik Indoor

Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Libur Panjang (via Grid)

Siapa bilang piknik harus dilakukan dilakukan di luar rumah? Coba rapikan ruang tamu atau ruang keluarga untuk piknik indoor. Ajak anak-anak membawa selimut atau matras kecil dan nikmati makanan ringan sambil berpiknik di dalam rumah.

7. Mengadakan Pertunjukan Bakat

Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Libur Panjang (via Kara's Party Ideas)

Ajak anak-anak untuk menampilkan bakat mereka, entah itu menyanyi, menari, atau melakukan pertunjukan kecil yang mereka sukai. Kemudian kamu bisa mengapresiasi dengan memberi hadiah kecil yang sudah dibungkus dengan cantik.

Liburan panjang tak selalu harus diisi dengan perjalanan jauh. Banyak kegiatan tanpa keluar rumah yang seru yang dapat meningkatkan ikatan antara kamu dan anak-anak. Jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk saling mendekat dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Libur Panjang (via Kara's Party Ideas)