Jangan Gali Lubang Tutup Lubang, Ini 3 Cara Menghentikan Kebiasaan Berutang

Kamu harus tahu cara menghentikan kebiasaan berutang agar kamu mau belajar mengelola keuangan dengan baik.

Berutang memang nggak selamanya adalah hal buruk. Dalam kondisi mendesak, berutang bisa menjadi solusi tepat bagi sebagian orang. Tapi jangan keterusan ya. Kamu harus tahu cara menghentikan kebiasaan berutang agar kamu mau belajar mengelola keuangan dengan baik.

Perlu diketahui, meski hutang merupakan solusi untuk memecahkan masalah keuangan saat terdesak. Namun, berutang tidak membuat keuanganmu membaik. Justru terkadang, keuangan menjadi tidak stabil karena terlalu banyak berutang. Lantas, bagaimana cara menghentikan kebiasaan berutang biar nggak ketagihan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan

Cara pertama agar kamu bisa berhenti dari kebiasaan berhutan adalah dengan membuat catatan tentang pemasukan dan pengeluaran bulanan kamu. Pastikan tidak ada transaksi keuangan yang terlewat untuk menjaga keakuratan catatan keuanganmu. Tulis setiap detailnya, termasuk pengeluaran dan pemasukan yang paling kecil sekalipun. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan pemasukan dan pengeluaranmu, dan menyeimbangkannya.

2. Buat Rencana Keuangan yang Masuk Akal

Cara Menghentikan Kebiasaan Berutang (via Kompasiana)

Cara lain agar kamu terbebas dari kebiasaan berutang adalah dengan membuat rencana keuangan yang masuk akal, yakni jangan terlalu irit dan juga jangan terlalu boros. Jangan sampai karena terlalu irit, sehingga membuat kamu mencomot anggaran lain demi bisa memenuhi kebutuhanmu. Buat rencana keuangan yang masuk akan dan disesuaikan dengan kebutuhanmu setiap bulannya.

3. Buat Prioritas Keuangan

Cara Menghentikan Kebiasaan Berutang (via Konsultan Pajak Batam)

Cara terakhir agar kamu terbebas dari hutang, sebaiknya buatlah prioritas keuangan setiap bulan. Maksudnya adalah pilih pengeluaran yang harus dibayar terlebih dahulu. Dengan begitu, tidak akan ada tagihan tertunggak yang hanya akan membebani kamu pada bulan berikutnya.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara menghentikan kebiasaan berutang? Jadi jangan keterusan ya karena meminjam terus-terusan hanya akan keuanganmu terguncang. Mendingan kamu mulai mengatur keuangan dengan cara yang bijak.

Cara Menghentikan Kebiasaan Berutang (via Harmony)