Meski Bikin Geli, Lendir Bekicot Ternyata Punya Manfaat yang Bagus untuk Kulit! Apa Saja?

Meski Bikin Geli, Lendir Bekicot Ternyata Punya Manfaat yang Bagus untuk Kulit! Apa Saja?

Selain bisa dimakan, siput atau bekicot ternyata punya manfaat untuk kulit. 

Lendir bekicot, yang juga dikenal sebagai filtrat sekresi bekicot (SSF), mengandung nutrisi seperti asam hialuronat, glikoprotein, proteoglikan, antimikroba, dan peptida tembaga, yang digunakan dalam produk kecantikan, menjadikannya bahan perawatan kulit yang populer karena bermanfaat untuk kulit.

Berikut ini beberapa manfaat lendir bekicot untuk kulitmu:

1. Memperbaiki dan Meregenerasi Jaringan kulit

Salah satu bahan aktif utama dalam lendir bekicot adalah allantoin. Bahan yang diturunkan secara organik ini telah dikenal sejak zaman dahulu karena sifat penyembuhan, regeneratif, dan menenangkannya. Zat inilah yang memperbaiki cangkang bekicot jika tidak sengaja terkelupas atau pecah.

Hewan bekicot (news.unair.ac.id)

2. Mempercepat Proses Penyembuhan 

Lendir bekicot merupakan sumber kolagen alami yang sangat efektif untuk menghilangkan stretch mark dan kerutan. Lendir bekicot juga mendorong penyembuhan lesi kulit seperti luka bakar atau jerawat. 

3. Kekenyalan kulit dipulihkan

Elastin, sama seperti kolagen, adalah salah satu protein yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Seperti namanya, produk ini memberikan elastisitas pada kulit. Saat pubertas, kita berhenti memproduksi protein ini, tetapi protein ini ada di tubuh kita sepanjang hidup karena sifatnya yang stabil.

Perawatan kulit dengan lendir bekicot (beautynesia.id)

4. Mengurangi Berbagai Kerutan dan Berbagai Masalah Kulit

 

Lendir bekicot mengandung asam glikolat yang memiliki kekuatan anti aging-nya. Asam glikolat memiliki beberapa fungsi: 1. menghilangkan kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, 2. meningkatkan produksi asam hialuronat, yang memberikan kelembapan pada stratum korneum (lapisan luar kulit), 3. mendistribusikan melanin, menciptakan warna kulit merata dan cerah, 4. menghasilkan kolagen dan elastin, meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit.

Gimana ges, tertarik untuk mencoba?

Hand sanitizer lendir bekicot (infografis.okezone.com)