Jadi Lebih Kreatif, Ini 5 Barang Bekas Pengganti Kertas Kado yang Bisa Kamu Manfaatkan

Kamu bisa kok menggunakan barang bekas pengganti kertas kado yang bisa kamu manfaatkan untuk membungkus hadiah spesial.

Hadiah umumnya dibungkus dengan kertas kado yang berwarna-warni dan corak yang menggemaskan. Namun jika tidak ada, kamu bisa kok menggunakan barang bekas pengganti kertas kado yang bisa kamu manfaatkan untuk membungkus hadiah spesial.

Selain menjadikan kamu lebih kreatif, memanfaatkan barang bekas menjadi kertas kado juga akan mengurangi penumpakan sampah kertas di bumi. Lantas, barang bekas apa saja sih yang bisa kamu sulap menjadi kertas kado? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Besek

Besek adalah kotak yang terbuat dari bambu. Biasanya besek digunakan sebagai tempat makanan oleh masyarakat suku Jawa. Nah, dari kotak besek bekas wadah makanan dibuang percuma, bisa kamu bersihkan dan memanfaatkannya sebagai pengganti kertas kado.

Caranya mudah. Cukup bersihkan bagian besek yang terlihat kotor. Kemudian tambahkan pita dengan ukuran yang sedikit lebar pada bagian tutup besek atau kamu juga menambahkan kain tile untuk mempercantik tampilannya. Mudah kan?

2. Paper Bag

Barang Bekas Pengganti Kertas Kado (via Blibli)

Selain besek, kamu juga bisa lho menggunakan paper bag untuk menggantikan kertas kado. Paper bag memang bisa digunakan beberapa kali. Nah, dari paper bag yang sudah dipakai ini kamu bisa memanfaatkan menjadi pembungkus kado, dengan catatan paper bag tersebut masih layak digunakan. Menariknya lagi, saat ini sudah banyak toko menjual paper bag cantik yang memang didesain khusus untuk kado atau hadiah.

3. Koran

Barang Bekas Pengganti Kertas Kado (via Gramedia)

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan koran untuk menggantikan kertas kado. Kamu bisa menambahkan aksesoris seperti pita berwarna polos untuk menghiasi kado yang sudah dibungkus kertas koran. Kamu juga bisa menambahkan kartu ucapan kecil yang digantung bersama pita, agar tampilannya semakin menarik.

4. Kalender Dinding

Barang Bekas Pengganti Kertas Kado (via Pngtree)

Terakhir, ada kalender dinding yang bisa kamu manfaatkan untuk membungkus kado. Gunakan bagian polosnya pada bagian luar kado. Jika tidak ingin terlihat kosong, kamu bisa menambahkan beberapa hiasan seperti pita, tali rami, bunga, kancing, dan kertas bermotif. Tapi ingat gunakan lembaran kalender dinding yang bulannya sudah terlewat ya biar enggak menyusahkanmu saat harus melihat tanggal.

5. Kain

Barang Bekas Pengganti Kertas Kado (via YouTube)

Ada banyak kain perca menumpuk di rumah? Kenapa tak menggunakannya sebagai pembungkus kado? Cara ini sudah cukup populer di berbagai negara, khususnya Jepang. Selain tampak unik, kamu juga bisa membantu mengurangi sampah di muka bumi dengan memanfaatkan barang tak berguna menjadi luar biasa. Berikan pita yang cantik dan berikan kado super eksklusi untuk orang dekatmu.

Wah ternyata ada banyak barang bekas pengganti kertas kado yang bisa kamu manfaatkan untuk memberikan hadiah special pada orang dekat. Dengan cara di atas, pemberianmu akan jadi hal yang indah dan mengesankan. Selamat mencoba.

Barang Bekas Pengganti Kertas Kado (via Mitra Mulia)