Bikin Salut! Ini 5 Artis Korea Yang Berhasil Sembuh Dari Kanker Dan Bisa Kembali Berkarier

5 Artis Korea yang kembali beraktivitas setelah sembuh dari penyakit kanker, salah satunya Kim Woo Bin.

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang banyak merenggut nyawa manusia. Penyakit ini bisa terjadi karena pola hidup ataupun adanya keturunan penyakit yang diidap oleh seseorang. Penyakit kanker ini menyerang tak kenal siapapun.

Kanker bisa diderita oleh berbagai kalangan, termasuk kalangan artis Korea. Beruntungnya, ada dari mereka yang berhasil sembuh dari penyakit mematikan itu usai menjalani perawatan. Berikut ini 5 artis Korea yang kembali sehat setelah divonis kanker.

1. Kim Woo Bin

Kim Woo Bin secara tiba-tiba mengumumkan hiatus karena didiagnosis nasofaring. Kanker nasofaring sendiri mengacu pada penyakit di mana tumor ganas tumbuh di bagian belakang nasofaring (organ pencernaan antara mulut dan kerongkongan).

Bersyukurnya, Woo Bin berhasil sembuh setelah menjalani tiga putaran kemoterapi dan 35 sesi terapi radiasi. Kim Woo Bin pun sudah melanjutkan aktivitasnya pada tahun 2019, kurang lebih 2 tahun 6 bulan usai mengumumkan vakum.

2. Park So Dam

Kim Woo Bin (Antaranews)

Park So Dam mengejutkan penggemar setelah mengumumkan dirinya mengidap kanker pada Desember 2021. Aktris kelahiran 1991 itu didiagnosis menderita kanker tiroid papiler selama pemeriksaan kesehatan rutin dan menjalani operasi darurat.

Saat itu, So Dam diketahui berada dalam situasi berbahaya dan hampir kehilangan suaranya. Namun setelah operasi, kesehatan Park So Dam kembali pulih. So Dam diketahui menjalani manajemen kesehatan menyeluruh, seperti melakukan Pilates 5 atau 6 kali seminggu.

3. Uhm Jung Hwa

Park So Dam (Instagram)

Penyanyi sekaligus aktris Uhm Jung Hwa mengumumkan diagnosisnya menderita kanker tiroid pada tahun 2010. Setelah menjalani operasi, Jung Hwa sempat mengalami masa sulit selama 8 bulan karena kelumpuhan pita suara.

Namun dengan suntikan dan latihan pita suara, aktris 54 tahun itu berhasil merehabilitasi suaranya. Setelah lebih dari 10 tahun, dia kembali glamor di industri musik dengan merilis album ke-10. Belakangan, Uhm Jung Hwa aktif di berbagai acara hiburan.

4. Hong Ji Kyung

Twitter

Siapa sangka, mantan model yang kini berkarier sebagai komedian ini pernah berjuang melawan kanker ovarium pada tahun 2014. Ji Kyung sendiri sempat terkejut dengan diagnosis kanker ini lantaran masih harus membesarkan putrinya yang masih kecil.

Meski begitu, Hong Ji Kyung tetap giat menjalani pengobatan antikanker sampai akhirnya dua tahun kemudian, dia mengumumkan kesembuhannya. Ji Kyung mengaku jadi komedian karena dirinya merasa terbantu saat menjalani pengobatan kanker sambil nonton variety show.

5. Jeong Mi Ae

Hong Ji Kyung (Viki)

Penyanyi trot Jeong Mi Ae yang meraih popularitas setelah menjadi runner-up di 'Tomorrow's MISTROT' TV Chosun ini mengejutkan publik setelah tiba-tiba menghentikan aktivitasnya di tahun 2021 lalu. Baru pada Januari, dia mengaku berjuang melawan kanker perut stadium 3.

Mi Ae sempat khawatir tidak bisa bernyanyi lagi karena dia harus menjalani operasi untuk menghilangkan sepertiga lidahnya. Tapi berkat tekadnya, Jeong Mi Ae bisa kembali ke industri musik dengan merilis lagu baru berjudul Hold on to Worry pada Februari lalu.

Jeong Mi Ae (Korea JoongAng Daily)