4 Makanan Khas Suku Dayak yang Unik Banget, Mau Coba?

Indonesia memiliki banyak makanan tradisional yang menggoda selera, salah satunya makanan khas suku Dayak yang disebut unik dan terbuat dari bahan alami.

Indonesia memang terkenal terdiri dari banyak budaya dan suku bangsa. Karena itu nggak heran kalau di Indonesia memiliki banyak makanan tradisional yang menggoda selera. Salah satunya makanan khas suku Dayak yang disebut unik dan terbuat dari bahan alami.

Seperti yang kita tahu, suku Dayak memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki suku lain. Mulai dari budayanya, pakaiannya, dan juga makanannya. Lantas, makanan khas suku Dayak apa saja sih yang cukup populer dan unik? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Umbut Rotan

Makanan khas suku Dayak yang pertama adalah Umbut Rotan. Sama seperti namanya, makanan ini memang berbahan dasar tunas rotan yang bisa didapatkan di hutan Kalimantan. Tanaman ini memang tidak dibudidayakan, melainkan tumbuh liar. Cara pengolahannya cukup mudah, tunas rotan dibersihkan durinya, kemudian direbus untuk menghilangkan rasa pahitnya.

2. Kalumpe

Makanan Khas Suku Dayak (via cookpad)

Makanan kedua adalah Kalumpe yang terbuat dari daun singkong tumbuk. Daun singkong yang sudah ditumbuk tadi, kemudian dicampur dengan terong kecil dan dibumbui dengan rempah-rempah, seperti serai, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih. Kalumpe menjadi lebih lezat karena disajikan dengan sambal terasi.

3. Botok Mengkudu

Makanan Khas Suku Dayak (via YouTube Simple Rudy TV)

Selanjutnya ada Botok Mengkudu yang bercitarasa gurih. Makanan ini terbuat dari ikan yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah pilihan, kemudian bungkus dengan daun mengkudu. Jenis ikan yang digunakan untuk membuat botok mengkudu ini nggak sembarangan lho, tapi menggunakan ikan patin atau ikan air tawar lainnya.

4. Luba Laya

Makanan Khas Suku Dayak (via Kebaca)

Terakhir ada Luba Laya yang sekilas terlihat seperti lontong. Makanan ini terbuat dari beras Adan Krayan atau organik. Untuk rasanya, nggak perlu diragukan lagi. Karena terbuat dari beras pilihan terbaik, maka luba laya memiliki cita rasa yang gurih dan manis.

Ternyata banyak banget ya makanan khas suku Dayak yang unik dan mengguggah selera sehingga cocok untuk wisata kuliner. Pastinya, hidangan di atas sangat unik dan sulit ditemukan di daerah lain. Tertarik mencoba?

Makanan Khas Suku Dayak (via Marketeers)