Bukan Sekedar Penginapan, Ini 5 Hotel Bersejarah di Dunia yang Menyimpan Cerita

Hotel-hotel bersejarah di dunia telah lama menjadi destinasi wisata yang menarik bagi banyak orang karena menyimpan cerita menarik. Di mana saja?

Hotel-hotel bersejarah di dunia telah lama menjadi destinasi wisata yang menarik bagi banyak orang. Bukan hanya sebagai tempat untuk bermalam, hotel-hotel ini juga saksi bisu peristiwa bersejarah yang tak terlupakan, seperti perang dan berbagai tregadi memilukan.

Dari Eropa hingga Asia, kamu dapat menjelajahi hotel-hotel yang memadukan kemewahan modern dengan nilai-nilai historis yang mendalam. Berikut ini adalah beberapa hotel bersejarah yang memiliki sejarah perang dan tragedi di balik temboknya yang patut untuk dikunjungi.

1. The Shelbourne Hotel, Dublin, Irlandia

Hotel bintang lima di jantung Kota Dublin ini merupakan salah satu hotel bersejarah di dunia yang menjadi pusat perhatian selama Perang Kemerdekaan Irlandia. Pada tahun 1922, perjanjian Anglo-Irlandia ditandatangani di ruang 112, yang menjadi tonggak sejarah dalam meraih kemerdekaan Irlandia. Kini, ruangan tersebut dikenal sebagai ruang konstitusi.

2. The Ritz Hotel, Paris, Prancis

Hotel Bersejarah di Dunia (via Booking)

Selama Perang Dunia II, Hotel bintang lima ini diambil alih oleh pasukan Jerman. Hotel ini kemudian menjadi pusat kegiatan Nazi di Paris. Kisah-kisah tragis selama masa pendudukan Nazi ini mencakup berbagai tokoh bersejarah seperti Coco Chanel, yang tinggal di sana selama perang.

3. The Imperial Hotel, Tokyo, Jepang

Hotel Bersejarah di Dunia (via Conde Nast Traveler)

Hotel yang terletak di sebelah selatan halaman kediaman kekaisaran ini menjadi pusat perhatian selama Perang Dunia II, ketika banyak petugas militer sekutu tinggal di sana. Hotel yang dibuka pada tahun 1890 ini selamat dari serangan udara yang melanda Tokyo, dan lantai bawah tanahnya digunakan sebagai tempat perlindungan udara.

4. The Hotel Nacional de Cuba, Havana, Kuba

Hotel Bersejarah di Dunia (via Wikipedia)

Selama Revolusi Kuba, hotel ini menjadi markas bagi pasukan Fidel Castro. Selain menjadi tempat berkumpulnya tokoh-tokoh revolusi, hotel ini juga memiliki lobi yang dipenuhi senjata-senjata tua sebagai peninggalan sejarah perang revolusi. Yuri Gagarin, kosmonot pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, juga pernah menginap di hotel ini.

5. Hotel Penjara Nara, Prefektur Nara, Jepang

Hotel Bersejarah di Dunia (via Tripadvisor)

Hotel Penjara Nara ini memang baru akan diresmikan tahun 2026, namun sudah menyedot banyak perhatian karena didirikan di bangunan bekas penjara tua. Penjara ini akan diubah menjadi hotel dengan interior mewah yang memiliki total 48 kamar dan dilengkapi dengan fasilitas restoran, lounge dan musium yang bisa dikunjungi oleh pengunjung tanpa harus menginap di hotel.

Hotel-hotel bersejarah di dunia di atas, menawarkan kemewahan menginap di hotel dengan berbagai fasilitas yang memikat. Kamu akan merasa seolah-olah melakukan perjalanan melintasi waktu ketika mempelajari apa yang pernah terjadi di tempat-tempat ini. Karena itu, jangan lewatkan untuk menginap di hotel-hotel ini jika sedang berwisata, ya!

Hotel Bersejarah di Dunia (via Halo Japin)