Bahaya Konsumsi Udang yang Kurang Matang, Jangan Sembarangan!

Ada sejumlah bahaya mengonsumsi udang yang kurang matang yang bisa mempengaruhi kesehatan. Apa saja?

Beberapa makanan mungkin masih aman jika dikonsumsi dalam keadaan tidak terlalu matang. Namun, jangan coba-coba mengonsumsi udang setengah matang ya. Sebab ada sejumlah bahaya mengonsumsi udang yang kurang matang yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Perlu diketahui, udang yang masih mentah dan tidak dibersihkan dengan benar masih mengandung bakteri E.coli yang dapat menyebabkan kira keracunan makanan. Gejalanya pun bermacam-macam, mulai dari sakit kepala, mual, hingga diare. Lantas, apa saja bahaya yang mengintai jika kita nekat mengonsumsi udang yang kurang matang?

1. Mengandung Bakteri Vibrio

Perlu diketahui, meski udang memiliki banyak kandungan baik namun udang juga mengandung bakteri Vibrio yang sangat berbahaya bagi tubuh. Jika tidak sengaja dikonsumsi, bakteri Vibrio dapat menyebabkan diare berat yang disertai dengan muntah-muntah. Karena itu sebaiknya sebelum dimasak, pastikan udang sudah dicuci bersih dan dihilangkan kotorannya. Dan jangan lupa masak hingga matang agar tidak menimbulkan risiko apapun.

Bahaya Konsumsi Udang Setengah Matang (via cookpad)

2. Penyebab Keracunan dan Demam

Tahu nggak sih, mengonsumsi udang yang tidak dibersihkan dengan benar dan kurang matang, ternyata dapat meningkatkan risiko terpapar penyakit yang disebabkan oleh bakteri di dalam udang.

Sebagai informasi, udang mengandung sejumlah bakteri seperti Salmonella, E.Coli. dan Bacillus yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Bahkan terdapat pula bakteri Norovirus yang dapat menyebabkan keracunan, diare, pusing, demam, bahkan dalam keadaan parah bisa menyebabkan seseorang kehilangan nyawa.

Bahaya Konsumsi Udang Setengah Matang (via Tebar Hikmah Ramadan 2023)

3. Mengandung Logam dan Timbal

Perlu diketahui, udang merupakan jenis hewan pengurai di perairan. Karena itu, ada kemungkinan udang tersebut mengandung cemaran logam, timbal, dan zat berbahaya lainnya yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Namun, cemaran ini dapat dihilangkan dengan cara mencuci udang hingga bersih dan memasaknya sampai benar-benar matang.

Ternyata ada banyak banget ya bahaya mengonsumsi udang yang kurang matang. Walaupun enak, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasak dan memakannya. Mulai sekarang stop makan udang setengah matang, agar kesehatanmu tidak terancam.

Bahaya Konsumsi Udang Setengah Matang (via Cookpad)