Postingan Angelina Jolie Soal Konflik Israel Palestina Tuai Kritik

Postingan Angelina Jolie Soal Konflik Israel Palestina Tuai Kritik

Aktris Hollywood, Angelina Jolie mengunggah sebuah postingan di Instagram dalam rangka mengomentari perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung. 

Dalam pernyataannya, ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap situasi tersebut, menyebutkan perasaannya yang sakit dan marah akibat dampak konflik terhadap warga sipil yang tidak bersalah. Dia berbagi doanya untuk kembalinya para sandera dan keluarga yang menderita dengan selamat, khususnya anak-anak yang terkena dampak.

"Seperti jutaan orang di seluruh dunia, saya menghabiskan beberapa minggu merasa muak dan marah dengan serangan teroris di Israel, ada sangat banyak kematian warga sipil tak bersalah, dan bertanya-tanya bagaimana cara terbaik memberikan bantuan," tulis Angelina Jolie, Sabtu (28/10).

Postingan Angelina Jolie di Instagram(economictimes.indiatimes.com)

"Saya juga mendoakan kepulangan setiap sandera dengan segera, dan kepada keluarga yang menanggung rasa sakit yang tak terbayangkan akibat pembunuhan orang yang dikasihi. Terutama, anak-anak yang dibunuh dan banyak anak-anak yang sekarang menjadi yatim piatu," lanjutnya.

Slide kedua postingan Angelina Jolie di Instagram (economictimes.indiatimes.com)

Jolie yang dikenal dengan karya kemanusiaannya menegaskan, peristiwa di Israel merupakan aksi teror. Namun, dia juga menyoroti hilangnya nyawa tak berdosa di Gaza, di mana warga sipil kekurangan sumber daya penting, akses terhadap makanan dan air, dan kemampuan untuk mencari perlindungan melintasi perbatasan.

Unggahan Jolie tersebut kemudian menuai kritik warganet. Banyak warganet yang menyayangkan sikap Jolie yang tampaknya mengambil posisi netral, padahal ia telah bekerja selama dua dekade di bidang kemanusiaan.

"Anda bermain aman. Sangat kecewa denganmu. Anda kena cancel," kata netizen lain.

"ANDA TAHU KEBENARANNYA TETAPI ANDA MEMIHAK MEREKA? Edukasi dirimu sendiri! Baca sejarahnya! Anda seharusnya menjadi contoh bagi kami semua..sangat kecewa dengan pendirian Anda," kecam seorang netizen lain lag

"20 tahun bekerja untuk pengungsi dan Anda masih belum bisa menyebut ini genosida? Mengecewakan! #freepalestina #ceasefirenow," tulis netizen.

Slide ketiga postingan Angelina Jolie di Instagram(economictimes.indiatimes.com)