Gua Kristal Kupang NTT: Asal Usulnya Dulu Sawah

Gua Kristal Kupang NTT, katanya sih dulu asal-usunya sawah~

Kupang Nusa Tenggara Timur gak cuma dikenal dengan keindahan pantainya saja gengs. Walaupun pantai Pasir Panjang dan Pantai Oetune menjadi sestinasi wajib disana, ternyata Kupang masih punya obyek wisata alam yang menarik lho gengs.

Salah satu obyek wisatanya adalah Gua Kristal, yang punya panorama indah dan cantik. Gua yang ada di Kupang Barat ini menyajikan birunya air laut yang pasti bakalan membuat siapa aja senang disana.

Keindahan panoramanya yang ada di Gua Kristal ternyata ada sejarah yang menarik lho dibalik itu semua. Gua Kristal sendiri diperkirakan sudah ditemukan pada zaman Jepang.

Dulu gua ini jadi tempat persembunyian para pasukan Jepang dan sebagai tempat menyiman barang-barang mereka. Hal itu diinfokan oleh Yan salah satu penjaga Gua Kristal.

Dulu batu-batu di gua inni punya warna yang bening apabila terkena cahaya, jadi seperti kristal. Tapi karena banyak pengunjung yang usil dan mengambil bebatuan itu, akhirnya batu-batuan itu habis.

Gua Kristal Kupang(IndonesiaKaya.com)

Gak cuma itu aja, sejarahnya dulu gua ini bernama 'Amnesi', nama itu diberikan dari nama nenek moyang yang menemukan gua ini. Katanya sih nama Amnesi diambil dari nama belakang yang menemukan, yaitu nenek Amnesi, ujar penjaga disana.

Jauh sebelum menjadi sebuah obyek wisata dulunya gua ini menjadi sumber mata air masyarakat sekitar dan juga sering digunakan sebagai sarana mencuci pakaian. 

Dulunya gua ini sebenarnya adalah kebun milik nenek moyang yang bernama Chirtofer Neno.

Dahulu nenek moyang disana membuat kebun yang luasnya sampai lautan dan gua yang di kebun ini digunakan sebagai sumber  mata air apabila musim kering tiba.

Keindahan Gua Kristal Kupang (gustarinkirania.student.umm.ac.id)

Air di dalam gua ini juga dulunya dijadikan sebagai sumber mata air warga sekitar dan dijadikan sebagai air minum. Namun yang inin meminum air gua ini kabarnya mereka tidak boleh berbicara saat masuk gua Kristal itu.

Hal itu merupakan syarat, hanya gak boleh ngomong aja kok, kalau ngomong maka air yang diminum akan terasa asin. Tapi kalau gak ngomong sama sekali ya airnya enak diminumnya.

Terlepas dari mitos yang beredar dan benar atau tidaknya, gua ini punya enampakan yang amazing banget. Kalau kamu pas sedang liburan di Kupang, boleh deh mampir ke Gua Kristal ini~

Gua kristal bisa buat berenang (terasjakarta.id)