Nggak Perlu Stres, Ini Lho 4 Tips Nyaman Tinggal di Rumah Mertua

Sebagian orang mungkin menganggap tinggal bareng mertua adalah hal yang menakutkan dan bisa bikin stres. Simak tips ini aja yuk!

Sebagian orang mungkin menganggap tinggal bareng mertua adalah hal yang menakutkan dan bisa bikin stres. Padahal kalau kamu tahu tips nyaman tinggak di rumah mertua, kamu bisa tetap bahagia tanpa perlu banyak drama.

Hubungan mertua dan menantu memang biasanya digambarkan penuh drama dan permusuhan. Padahal nggak selamanya begitu lho. Ada juga mertua dan menantu yang bisa hidup rukun layaknya ibu dan anak kandung. Lantas, bagaimana cara agar tinggal di rumah mertua tetap menjadi hal membahagiakan? Berikut tipsnya:

1. Terbuka dan Jujur

Kunci penting rukunnya suatu hubungan, termasuk hubungan antara mertua dan menantu adalah keterbukaan dan kejujuran. Saling terbuka tentang apa yang dirasakan, dibutuhkan, dan dirasakan, akan membuat masing-masing pihak mengerti dan membantu mencegah terjadinya konflik. Kalau cuma diem-dieman dan hanya bicara di hati saja, siapa yang bisa ngerti. Ya kan?

2. Hargai Privasi

Tips Nyaman Tinggal di Rumah Mertua (via Suara Merdeka)

Meski tinggal serumah namun setiap orang tetap memiliki privasinya masing-masing. Karena itu, saat tinggal di rumah dalam satu rumah, baik mertua atau menantu wajib menghargai dan menghormati privasi masing-masing orang yang ada di sana. Dijamin deh, jika hal ini bisa dilakukan maka keluarga akan terasa lebih harmonis.

3. Saling Bantu Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Tips Nyaman Tinggal di Rumah Mertua (via MeraMuda)

Ikut membantu mengerjakan pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, memasak akan membuat kamu terlihat menghargai tempat tinggal kamu. Dengan begitu, mertua sebagai pemilik rumah juga merasa diringankan pekerjaannya.

4. Hargai Perbedaan

Tips Nyaman Tinggal di Rumah Mertua (via janur kuning)

Setiap orang tentu memiliki pendapatnya masing-masing. Karena itu, saat mertua dan menantu memiliki pendapat yang berbeda, sebaiknya satu sama lain saling menghargai pendapat tersebut. Jangan memaksakan pendapat salah satu pihak. Karena hal tersebut hanya akan memicu perpecahan.

Nah, itu tadi beberapa tips nyaman tinggal di rumah mertua yang jauh dari drama pertikaian. Jangan mudah terpengaruh berita negatif yang beredar di luar karena setiap orang mungkin mengalami kondisi berbeda dan pola adaptasi yang berlainan pula. Selamat mencoba.

 

Tips Nyaman Tinggal di Rumah Mertua (via Mommies Daily)