Wajib Dicoba, Ini 4 Keuntungan Bermain Puzzle Bagi Orang Dewasa

Ternyata ada sejumlah keuntungan bermain puzzle bagi orang dewasa yang belum banyak orang tahu.

Sebagian orang mungkin mengira bahwa puzzle adalah permainan yang cocok dimainkan anak-anak. Padahal ada sejumlah keuntungan bermain puzzle bagi orang dewasa yang belum banyak orang tahu.

Perlu diketahui, otak bisa diibaratkan seperti otot yang terasa kaku dan tegang jika tidak diasah. Karena itu, puzzle bisa digunakan untuk mengasah otak agar otak tetap terlatih dan tetap sehat. Terutama bagi orang dewasa berusia di atas 50 tahun. Lantas, apa saja manfaat bermain puzzle bagi orang dewasa? Berikut daftarnya:

1. Menjaga Kesehatan Otak

Bagi orang dewasa, sering bermain puzzle tidak hanya menyenangkan, tapi juga dapat mengurangi risiko seseorang menderita Alzheimer dan penyakit kognitif lainnya. Karena itu, jika kamu ingin otakmu tetap sehat, sering-sering melakukan aktivitas kognitif lainnya.

2. Mengurangi Risiko Demensia

Keuntungan Bermain Puzzle Bagi Orang Dewasa (via Universitas Airlangga)

Selain menurunkan risiko penyakit alzheimer. Bermain puzzle bagi orang dewasa juga sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko demensia. Menurut uji coba klinis yang dilakukan oleh Alzheimer’s Drug Discovery Foundation menyebutkan bahwa latihan otak spesifik dalam bentuk permainan bisa mengurangi risiko mengalami demensia. Selain itu, kecepatan seseorang dalam mengolah informasi seperti bermain TTS dan puzzle juga dapat mengurangi penyakit tersebut.

3. Melatih Otak Kanan dan Kiri

Keuntungan Bermain Puzzle Bagi Orang Dewasa (via Alodokter)

Perlu diketahui bahwa saat bermain puzzle, maka seseorang telah menggunakan otak kanan dan kirinya. Karena itu, untuk mengasah keduanya, puzzle merupakan pilihan yang tepat dan menyenangkan.

4. Memperbaiki Mood

Keuntungan Bermain Puzzle Bagi Orang Dewasa (via Sehat AQUA)

Siapa sangka ternyata bermain puzzle juga bisa meningkatkan mood bagi orang dewasa. Sebab, saat bermain puzzle, maka produksi dopamin yang berperan penting dalam hal daya ingat akan meningkat. Karena itulah, mood menjadi membaik seketika.

Nah, itu tadi beberapa keuntungan bermain puzzle bagi orang dewasa. Kalau selama ini kamu belum pernah melakukannya. Coba deh sesekali pinjam puzzle milik anak dan mainkan. Dijamin deh perasaanmu akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Keuntungan Bermain Puzzle Bagi Orang Dewasa (via Halodoc)