Manfaat 4 Hari Kerja dalam Seminggu Ternyata Gak Cuma Dirasakan Karyawan dan Perusahaan!

Manfaat 4 Hari Kerja dalam Seminggu Ternyata Gak Cuma Dirasakan Karyawan dan Perusahaan!

Pengusaha dan pekerja di seluruh dunia menyadari bahwa manfaat dari empat hari kerja dalam seminggu lebih dari sekadar mengurangi kelelahan.

 

Dunia usaha mengatakan mereka melihat adanya peningkatan produktivitas, semangat kerja dan budaya tim, sementara individu memperoleh manfaat bagi kesehatan, keuangan dan hubungan mereka.

# Hasil Uji Coba 4 Hari Kerja di Inggris

 

Metode 4 hari kerja ini diuji coba selama enam bulan di Inggris, yang dijalankan oleh organisasi nirlaba 4 Day Week Global dan lembaga think tank Autonomy, yang memiliki hampir 3.000 pekerja di 61 perusahaan. Uji coba ini berlangsung dari bulan Juni hingga Desember 2022, menjadikannya empat perusahaan terbesar di dunia yang berani melakukan percobaan 4 hari kerja.

 

Eksperimen ini menggunakan model 100-80-100: pekerja mendapatkan 100% gaji untuk bekerja 80% dari waktu kerjanya sebagai imbalan atas hasil kerja mereka yang biasa 100%.

 

4 Day Week Global dan Autonomy menyatakan bahwa eksperimen ini sukses besar: 92% perusahaan mengatakan bahwa mereka melanjutkan penerapan empat hari seminggu secara permanen (dari lima perusahaan yang tidak melanjutkan, dua perusahaan memperpanjang uji coba mereka dan tiga perusahaan berhenti sejenak untuk melakukan uji coba tersebut).

Inggris jajal metode 4 hari kerja seminggu (inews.id)

# Keuntungan 4 Hari Kerja Bagi Perusahaan dan Karyawan

  

Perusahaan-perusahaan menilai pengalaman mereka secara keseluruhan dengan baik, dengan mengatakan bahwa kinerja dan produktivitas bisnis tetap tinggi, pendapatan meningkat dan ‘turnover’ menurun.

 

Hal ini merupakan hal yang baik bagi bisnis, kata salah satu perusahaan yang melakukan uji coba: Produktivitas meningkat sebesar 22%, lamaran pekerjaan meningkat sebesar 88%, tingkat ketidakhadiran menurun sebesar 66%.

 

Di sisi karyawan, 90% mengatakan mereka pasti ingin melanjutkan kerja empat hari dalam seminggu, 55% melaporkan peningkatan kemampuan mereka di tempat kerja, dan 15% mengatakan tidak ada jumlah uang yang bisa membuat mereka kembali ke jadwal lima hari.

 

Keuntungan menerapkan 4 hari kerja ( akutahu.com)

# Menjadi Lebih Sehat dan Bahagia

  

Berkurangnya stres kerja dan tambahan waktu pribadi menghasilkan beberapa hasil kesehatan dan kesejahteraan yang positif: stres yang lebih rendah, kesehatan mental yang lebih baik, lebih sedikit hal negatif, lebih banyak olahraga, dan waktu tidur yang lebih mudah, menurut laporan mandiri dari peserta uji coba.

 

Hasilnya menunjukkan bahwa para pekerja, yang memiliki kendali lebih besar atas waktu mereka, menghabiskannya dengan cara yang lebih bermakna, seperti bersosialisasi dan berkumpul dengan keluarga.

 

Waktu kerja yang lebih singkat dapat menghasilkan kesetaraan gender yang lebih baik dalam pekerjaan rumah tangga: Waktu yang dihabiskan laki-laki untuk merawat anak-anak mereka meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan waktu yang dihabiskan perempuan.

 

Tentu saja, tak cuma bagus untuk perusahaan dan karyawan. 4 hari kerja juga bagus untuk lingkungan karena mengurangi jejak karbon karena jumlah orang yang mengemudi lebih sedikit untuk bekerja.

 

Karyawan tidak terlalu lelah dan lebih bahagia, perusahaan diuntungkan, lingkungan pun dapat manfaatnya.

 

Wah, semoga banyak perusahaan yang mulai menerapkan aturan 4 hari kerja ya. AMIIIN!

 

Karyawan lebih bahagia dan sehat dengan 4 hari kerja seminggu (lakuuu.id)