5 Alasan Kenapa Kucing Suka Tiduran di Tubuh Kita

5 Alasan Kenapa Kucing Suka Tiduran di Tubuh Kita

Buat kamu yang memiliki kucing, tentu ini adalah pemandangan yang sudah tidak asing lagi: kucing tidur di pangkuanmu atau rebahan di bagian tubuhmu.

 

Padahal kalau dipikir-pikir, kamu sudah memberi kucingmu tempat tidur yang nyaman, tempat bertengger, dan seluruh rumah untuk tidur. Lalu mengapa kucing masih suka tidur di atas tubuhmu?

 

Kucing tidur di punggung kita (idntimes.com)

# 5 Alasan Mengapa Kucing Suka Tidur di Atas

 

Kucing adalah makhluk misterius, namun ada beberapa teori mengapa kucing senang tidur bersama kita

 

1. Mereka suka kehangatan

 

Pernahkah kamu memperhatikan bagaimana kucing mencari sumber panas saat dia siap untuk tidur siang? Itu karena mereka memang suka kehangatan.

 

Suhu normal kucing turun sekitar 38 derajat celcius, menurut PetMD. Dengan meringkuk di dekat Anda, mereka dapat mempertahankan suhu tersebut tanpa banyak usaha. Ini menjelaskan mengapa kucing suka tidur di jendela yang terkena sinar matahari atau berdesakan di dalam kotak. Saat tidur, kehangatan lebih penting daripada kenyamanan bagi kucing.

 

2. Mereka menandai wilayahnya

 

PetMD juga mengemukakan bahwa kucing adalah makhluk teritorial. Mereka mengklaim wilayah mereka dengan menandainya dengan aroma mereka. Jadi ketika mereka tidur di atasmu, mereka sebenarnya menandaimu—dan tempat tidur mu—sebagai milik mereka. Rupanya kita patut tersanjung dengan perilaku ini.

 

3. Kucing mencari keamanan

Kucing tidur di kepala kita (dokter-hewan.net)

 

Di alam liar, kucing akan mencari tempat teraman untuk beristirahat di sela-sela perburuannya. Di rumah, tempat itu ada bersamamu..

 

Tidur adalah waktu yang rentan, jadi kucing Anda menunjukkan bahwa dia memercayai Anda dan merasa puas serta aman bersama Anda. Perilaku ini dimulai sejak masa kanak-kanak.

 

4. Ini adalah soal ikatan

 

Kucing telah mendapatkan reputasi yang tidak adil sebagai hewan yang suka menyendiri dan tidak ramah. Namun sebagai pemilik kucing, kami tahu hal ini jauh dari kenyataan. Kucing kami penuh kasih sayang dan juga sosial. Mereka ingin terikat dengan kita, salah satunya dengan tidur di tubuh atau di dekat kita.

 

5. Mungkin hormonal

 

Penelitian menunjukkan bahwa anjing melepaskan hormon oksitosin yang membuat mereka merasa nyaman saat berhubungan dengan pemiliknya. Menurut VetStreet, masih belum jelas apakah hal ini juga berlaku pada kucing. Tapi ini bukanlah teori yang dibuat-buat.

 

Jadi, sekarang terjawab sudah kan kenapa kucing suka banget ndusel dan tidur di tubuh kita? Kalau kamu memang benar-benar sayang pada mereka, dan tidak sedang sibuk, biarkan saja.

 

Kucing tidur di tangan kita (kompas.com)