Sering Disepelekan, Ternyata Ini Deretan Manfaat Lamtoro bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat lamtoro dalam pengobatan tradisional sangat beragam dan biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Simak ulasan berikut ini!

Lamtoro, atau lebih dikenal dengan sebutan petai cina, adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat lamtoro dalam pengobatan tradisional beragam dan biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pernapasan, penyakit kulit, dan masalah pencernaan. Untuk tahu lebih jelasnya, mari simak beberapa manfaat lamtoro berikut ini:

1. Sumber Nutrisi

Lamtoro atau petai cina mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk protein, serat dan mineral seperti kalium dan fosfor. Kandungan nutrisi ini menjadikan lamtoro sebagai sumber energi yang baik dan membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat Lamtoro (via AGTVnews)

Mengonsumsi lamtoro dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kaliumnya membantu mengatur tekanan darah, sementara serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat Lamtoro (via mitalom)

Serat dalam lamtoro juga berperan dalam meningkatkan sistem pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mendukung proses pencernaan yang lancar.

4. Sumber Antioksidan

Manfaat Lamtoro (via Halodoc)

Lamtoro mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Senyawa ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit degeneratif. Selain itu, lamtoro juga mengandung Tanin, bahan kimia polifenol yang berasal dari tumbuhan yang dapat menghilangkan racun dan sel kanker dalam tubuh akibat radikal bebas. 

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat Lamtoro (via Dhaha News)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lamtoro dapat membantu mengatur kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau yang berisiko tinggi. Ekstrak lamtoro memiliki toleransi terhadap glukosa darah. Meski begitu, masih dibutuhkan studi lebih lanjut terkait khasiatnya dalam mengobati penyakit ini.

6. Mencegah Anemia

Manfaat Lamtoro (via Watyutink)

Lamtoro juga merupakan sumber yang baik dari zat besi, yang penting untuk produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Ini menjadikannya makanan yang bagus untuk orang yang membutuhkan asupan zat besi tambahan, seperti wanita hamil atau penderita anemia.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat Lamtoro (via Bingkai Riau)

Buah lamtoro mengandung vitamin A, yang esensial untuk kesehatan mata. Mengonsumsi lamtoro dapat membantu menjaga penglihatan yang baik dan mengurangi risiko masalah mata seperti rabun malam.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Lamtoro (via Tribunnews)

Kandungan vitamin C dalam lamtoro membantu dalam produksi kolagen, yang penting untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Nutrisi penting ini juga membantu melawan penuaan kulit dan merawat luka sehingga kulit tetap terjaga kecantikannya.

Itulah beberapa manfaat lamtoro bagi tubuh. Seperti halnya makanan lain, konsumsi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan merupakan kunci untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang ditawarkan lamtoro.

Manfaat Lamtoro (via Wajib Baca)