6 Teknik Atasi Rasa Malas Dengan Metode Kaizen Yang Banyak Diterapkan Orang Jepang

6 Teknik mengatasi rasa malas dengan metode kaizen yang digunakan orang Jepang.

Rasa malas kerap dianggap sebagai hal yang normal dan wajar dialami banyak orang. Akan tetapi, rasa malas itu bisa menjadi salah satu kendala bagi seseorang untuk memulai aktivitasnya. Tak jarang, orang yang malas akan cenderung mengulur waktu.

Hal ini rupanya tidak berlaku untuk warga negara Jepang yang dikenal disiplin dan tepat waktu. Ternyata, orang Jepang menerapkan metode kaizen untuk mengatasi rasa malas. Metode kaizen ini digunakan untuk melakukan sesuatu selama satu menit secara konsisten.

Kaizen adalah istilah bahasa Jepang yang punya makna 'perubahan yang baik' atau 'perkembangan'. Sebagai sebuah filosofi, Kaizen memperkenalkan pola pikir yang menekankan bahwa perubahan kecil sekalipun akhirnya akan memberi dampak besar.

Dengan menggunakan metode tersebut, seseorang diharapkan bisa bergerak untuk menyempurnakan diri dan mencapai tujuan. Lantas bagaimana cara mengatasi malas dengan metode Kaizen? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Kenali Kebiasaan Malas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali kebiasaan malas kamu. Akui dan identifikasi kebiasaan malas yang sering kamu lakukan. Kemudian renungkan perilaku, rutinitas dan pola pikir diri sendiri untuk memahami area spesifik mana yang membuat kemalasan itu kerap terjadi.

2. Buat Rutinitas

Buat rutinitas dan menjalankannya secara konsisten. Cara ini bisa membantu mengatasi kemalasan. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu khusus untuk bekerja, olahraga, relaksasi dan aktivitas lainnya. Memiliki jadwal yang terstruktur ini dapat membantu menanamkan disiplin dan mengurangi kecenderungan untuk menunda-nunda melakukan aktivitas.

3. Buat Target Kecil

Ilustrasi Wanita Malas (Tribun)

Kamu juga perlu untuk membuat goal atau target tujuan. Namun tidak perlu yang muluk-muluk, cukup tujuan yang kecil tapi realistis. Pecah tugas besar menjadi langkah-langkah yang lebih kecil. Dengan berfokus pada tujuan yang lebih kecil, kita bisa mengurangi rasa malas yang berlebihan.

4. Prinsip 1 Menit

Cobalah berkomitmen untuk menghabiskan setidaknya satu menit saja untuk melakukan tugas yang selama ini dihindari. Kerap kali, bagian tersulit adalah memulainya. Tapi ketika sudah dimulai dan fokus, biasanya tugas itu terasa lebih mudah. Kamu pun dengan senang hati untuk melanjutkan dan menyelesaikan tugas tersebut.

5. Latihan Disiplin Diri

Ilustrasi Tentukan Target (Suara)

Kemalasan seseorang sering terjadi karena diri sendiri yang tak disiplin. Maka dari itu, latih diri sendiri untuk bisa menahan keinginan menunda-nunda tugas pekerjaan. Kamu perlu untuk menetapkan deadline, prioritaskan tugas serta latih mindfulness agar tetap fokus dan disiplin.

6. Teknik Pomodoro

Ini merupakan metode manajemen waktu yang bisa meningkatkan produktivitas. Adapun caranya, kamu perlu memecah tugas-tugas menjadi interval 25 menit diikuti dengan istirahat sejenak. Jadi kamu perlu fokus mengerjakan tugas selaam 25 menit lalu istirahat. Selain membantu menjaga fokus, teknik ini juga dapat mencegah kelelahan alias burnout.

Ilustrasi Disiplin (DoCheck)