Bernilai Fantastis! Ini 5 Makanan Termahal Di Dunia Tahun 2023, Salah Satunya Dari Indonesia Loh!

5 Makanan dengan harga termahal di dunia tahun 2023, salah satunya kopi luwak dari Indonesia.

Makanan tentu sudah menjadi kebutuhan primer setiap makhluk hidup. Setiap harinya, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang. 

Untuk mendapatkan cita rasa yang memukau, tak sedikit pecinta kuliner yang rela membayar mahal demi bisa menikmati makanan lezat buatan chef. Bahkan biaya dikeluarkan bisa ratusan juta rupiah.

Biasanya, makanan yang harganya sangat mahal tergolong makanan langka dan berasal dari sumber eksklusif. Berikut ini telah dirangkum makanan termahal di dunia sepanjang tahun 2023.

1. Caviar Almas (Kaviar Putih)

Saat ini, makanan termahal di dunia 2023 adalah Caviar Almas. Makanan yang juga dikenal dengan nama Kaviar Putih itu dijual dengan harga US$ 34.500 atau sekitar Rp541 juta per kilogram. Harga ini terbilang sesuai dengan prosesnya.

Adapun kaviar putih ini diproduksi dari telur ikan sturgeon beluga albino Laut Kaspia yang langka. Di mana, spesies ikan sturgeon serta lamanya waktu untuk ikan bertelur, menjadi patokan untuk mahalnya caviar almas.

2. Bluefin Tuna (Tuna Sirip Biru)

Caviar Almas (detikFood)

Bluefin Tuna juga termasuk salah satu makanan termahal di dunia. Di Jepang, makanan yang juga dikenal tuna sirip biru ini kerap dijadikan untuk makanan pokok dalam masakan sushi dan sashimi. Tuna ini begitu disukai karena punya rasa seperti mentega, kaya rasa dan tekstur lembut.

Pada Januari 2023 di Tokyo, seekor bluefin tuna dengan berat 212 dijual lelang seharga US$ 273.000 atau Rp4,2 miliar. Ini berarti per kilo nya berharga sekitar Rp19,8 juta. Sayangnya, spesies tuna sirip biru terancam punah karena adanya penangkapan ikan yang berlebihan di Samudera Atlantik, Pasifik dan Hindia.

3. Daging Kobe Wagyu

Bluefin Tuna (Intershell Seafood)

Selain tuna, Jepang juga memiliki makanan termahal lainnya yakni Daging Kobe Wagyu. Ini merupakan salah satu jenis daging sapi premium khusus yang berasal dari sapi Wagyu. Secara harfiah, wagyu sendiri berarti 'sapi Jepang'.

Biasanya, harga daging sapi kobe bisa mencapai US$ 76 atau Rp1,17 juta satu ons. Harga ini bisa lebih mahal lagi ketika ada di restoran. Agar daging bisa disebut sebagai Kobe, sapinya harus dilahirkan, dibesarkan hingga diproses di Prefektur Hyogo Jepang, Jepang Barat.

4. Italian White Alba Truffles

Daging Kobe Wagyu (IDN Times)

Italian White Alba Truffles atau truffle alba putih Italia ini menjadi makanan mahal karena sangat langka. Sebab, ini hanya tumbuh di wilayah Piedmont Italia. Tak hanya itu, truffle alba ini juga hanya muncul selama beberapa bulan setiap tahun.

Truffle sendiri merupakan spora sejenis jamur bawah tanah yang bisa dimakan. Truffle punya rasa perpaduan antara sedikit rasa kayu ek dan bawang putih. Untuk harganya, Italian White Alba Truffles bisa mencapai lebih dari US$ 250 atau Rp3,8 juta untuk satu ons.

5. Kopi Luwak

Italian White Alba Truffles (Tribun)

Makanan termahal dunia lainnya ada di Indonesia yakni Kopi Luwak. Awal mulanya kopi ini dibudidayakan di daerah Jawa dan Sumatera sejak zaman Belanda. Seperti namanya, kopi luwak merupakan biji kopi yang sudah dimakan dan dikeluarkan atau sisa kotoran dari luwak atau musang palem Asia. Musang itu adalah sejenis hewan mirip kucing liar Indonesia. 

Dalam saluran pencernaan musang, biji kopi akan difermentasi dan dipecah. Kopi akan dipanen dari kotoran musang, kemudian dicuci bersih dan dipanggang. Jika dipanen di alam liar, satu pon biji kopi luwak bisa berharga US$ 600 atau Rp9,2 juta. Sementara untuk satu cangkirnya bisa dihargai US$ 100 atau sekitarRp 1,5 juta.

Kopi Luwak (Backpacker Jakarta)