Alasan Orang Enggan Bikin Anggaran Keuangan, Padahal Penting Banget Lho!

Alasan orang enggan bikin anggaran keuangan ternyata banyak banget lho. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini agar kamu bisa menghindarinya!

Alasan orang enggan bikin anggaran keuangan ternyata banyak banget lho. Padahal anggaran keuangan adalah salah satu hal penting yang seharusnya dibuat setiap bulan agar kondisi finansial jelas, stabil, dan tentunya tidak berantakan.

Memang, bagi orang yang belum terbiasa, membuat anggaran memang terkesan merepotkan. Namun jika dibiasakan, kamu akan mahir dan merasa ada yang kurang kalau anggaran keuanganmu belum dibuat. Lantas, apa sih sebenarnya yang membuat seseorang enggan membuat anggaran keuangan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini alasannya:

1. Takut Mengetahui Keadaan Keuangan yang Sebenarnya

Hal pertama yang umumnya membuat orang enggan membuat anggaran keuangan adalah karena mereka takut mengetahui keadaan keuangan yang sebenarnya. Sebagian orang merasa, jika mereka tidak tahu kondisi keuangan yang sebenarnya, maka tidak akan ada yang perlu dikhawatirkan dan tetap merasa baik-baik saja dalam hal finansial.

2. Kurang Pengetahuan Finansial

Alasan Orang Enggan Bikin Anggaran Keuangan (via Tribunnews)

Seperti yang disebutkan di awal, terkadang orang merasa tidak tahu bagaimana cara membuat anggaran keuangan karena belum terbiasa akan hal tersebut. Nah, karena tidak semua orang memiliki pengetahuan finansial yang sama, maka dari itu mereka memilih untuk tidak membuat anggaran keuangan daripada harus repot mencari tahu caranya.

3. Serangan Rasa Malas

Alasan Orang Enggan Bikin Anggaran Keuangan (via OCBC NISP)

Orang enggan membuat anggaran keuangan karena dia merasa malas. Bagi mereka membuat anggaran keuangan hanyalah kegiatan yang melelahkan dan memakan waktu lama. Karena itulah, bagi mereka kegiatan ini wajib dihindari.

4. Merasa Tidak Mampu Mengendalikan Keuangan

Alasan Orang Enggan Bikin Anggaran Keuangan (via Quizterra)

Alasan terakhir kenapa seseorang enggan membuat anggaran keuangan adalah karena mereka merasa tidak mampu mengendalikan keuangan yang mereka miliki. Karena tidak dapat mengendalikan uang itulah akhirnya mereka memilih untuk tidak membuat anggaran keuangan karena bagi mereka hal tersebut tidak ada gunanya.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja alasan orang enggan bikin anggaran keuangan. Setelah memahami alasannya, kamu bisa mulai mengevaluasi diri dan menghindarkannya dari keseharian. Kalau kamu[2] biasa membuat anggaran keuangan atau tidak?

Alasan Orang Enggan Bikin Anggaran Keuangan (via Merdeka)