Tanda Green Flags di Lingkungan Kerja yang Bikin Pegawai Nyaman, Tempatmu Kayak Gini Enggak?

Tidak bisa dipungkiri bahwa kantor yang menunjukkan tanda-tanda green flags di lingkungan kerja akan memberi kenyamanan pada semua pekerjanya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kantor yang menunjukkan tanda-tanda green flags di lingkungan kerja akan memberi kenyamanan pada semua pekerjanya. Sebab, salah satu faktor seseorang awet di sebuat tempat kerja bukan selalu karena gajinya, tapi juga lingkungan kerjanya.

Lingkungan kerja yang toxic sering membuat seseorang tidak nyaman, bahkan mengganggu produktivitas di tempat kerja. Nah, sekarang coba cek lagi deh, kira-kira di kantormu ada tanda-tanda green flags yang bikin betah karyawan nggak?

1. Rekan Kerja yang Bersikap Baik

Di setiap tempat kerja, kamu pasti akan menemukan teman yang selalu bersikap baik dan teman yang toxic. Namun, jika sebagian besar teman di tempat kerjamu selalu berperilaku baik, seperti saling menghargai, tidak suka bergosip, dan tidak meresahkan, bisa dipastikan lingkungan kerjamu juga baik.

2. Tidak Mempersulit Cuti Karyawan

Tanda Green Flags di Lingkungan Kerja (via Lentera Times)

Setiap karyawan pasti memiliki hak cuti setiap tahunnya. Nah, salah satu tanda green flags pada sebuah perusahaan adalah mereka tidak mempersulit karyawan yang hendak mengambil cuti. Artinya perusahaan tersebut masih menghargai kepentingan karyawan. Tidak sebatas mencari keuntungan semata.

3. Memiliki Job Desc yang Jelas

Tanda Green Flags di Lingkungan Kerja (via IDN Times)

Green flags dalam lingkungan kerja juga ditandai dengan pembagian tugas yang jelas pada setiap karyawan. Hal tersebut tentu akan membuat karyawan lebih fokus, karena tidak terbebani dengan banyak pekerjaan.

4. Gaji Sesuai Aturan Pemerintah

Tanda Green Flags di Lingkungan Kerja (via IDN Times)

Pasti semua tahu kalau pemerintah sudah mengatur upah minimum pekerja setiap tahunnya di masing-masing daerah. Karena itu, perusahaan yang baik adalah yang mematuhi aturan tersebut. Tidak hanya soal gaji pokok, tentang uang lembur, dan tunjangan hari raya pun juga harus sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja tanda green flags di lingkungan kerja[2]. Nah, kalau tempat kerja kamu memiliki tanda-tanda yang disebutkan tadi, sebaiknya pertahankan. Karena mencari tempat kerja yang baik itu sulit.

Tanda Green Flags di Lingkungan Kerja (via Aku Laku)