Gak Cuma Bau Aja Loh! Ternyata Petai Juga Kaya Nutrisi, Apa Saja Kandungan Gizinya?

Gak Cuma Bau Aja Loh! Ternyata Petai Juga Kaya Nutrisi, Apa Saja Kandungan Gizinya?

Tumbuhan bernama ilmiah atau biasa disebut pete/petai, merupakan pohon tahunan eksotik dari jenis polong polongan (Fabaceae). Tumbuhan ini banyak terdapat di kepulauan bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai”, biasa dimakan untuk lalapan atau campuran lauk.

Tanaman parkia speciosa terkenal di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Laos dimana parkia speciosa berbentuk panjang dengan kacang hijau cerah di dalamnya. Bentuknya mirip dengan bentuk almond. Petai dijual dalam berbagai bentuk seperti dijual dalam tandan, dalam polong, biji atau bahkan biji petai yang dimasukkan ke dalam kantong plastik, bahkan ada pula yang dibeli dalam bentuk bentuk beku.

Seperti yang kita tahu, sejenis biji-bijian ini banyak dibenci orang karena baunya yang khas dan menyengat. Meski banyak juga sih yang cinta mati sama petai.

Sambel petai (food.detik.com)

Terlepas dari baunya yang menyengat, kalian tahu gak sih kalau petai ini kaya nutrisi dan manfaat? Gak Percaya? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

Petai kupas (lazada.com)

# Kandungan Nutrisi Petai

Berikut ini sederet kandungan nutrisi petai yang ternyata banyak banget:

Besi 

Vitamin C 

Protein 

Vitamin B2 

Karbohidrat 

Energi

Lemak 

Serat

Abu 

Kalsium 

Fosfor 

Natrium 

Kalium 

Tembaga 

Seng 

Beta-Karoten 

Thiamin 

Riboflavin 

Niasin 

Wow! Banyak kan nutrisinya?

# Manfaat Petai untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisinya yang luar biasa, petai memiliki manfaat untuk kesehatan yang cukup banyak. Antara lain, dapat mengatasi:

Depresi, PMS (sindrom pramenstruasi), anemia, tekanan darah,  sembelit, mabuk, mulas, morning sickness, gigitan nyamuk, saraf, kegemukan, bisul, pengatur suhu, merokok, stres, stroke, kutil, maag, mabuk, gangguan afektif musiman

Petai juga bisa menyehatkan mata, menguatkan otak, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki pencernaan.

Gimana ges? Masih gak mau makan petai? Hehehehe~

Cumi asin petai (merdeka.com)