Nggak Cuma Pakai Deodorant, Begini Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami

Kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi bau ketiak secara alami. Jadi nggak harus pakai deodorant.

Bau badan adalah salah satu masalah yang nggak boleh disepelekan, terlebih kalau kamu harus bertemu banyak orang setiap hari. Karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi bau ketiak secara alami. Jadi nggak harus pakai deodorant.

Sebagai informasi, bau badan yang tak sedap timbul karena adanya bakteri yang bercampur dengan keringat. Hal ini dikarenakan produksi keringat pada area ketiak mengandung lebih banyak lemak dan protein, sehingga ketiak jadi mudah terpapat bakteri. Lantas, bagaimana cara mengatasi bau ketiak agar kamu selalu percaya diri sepanjang hari?

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar kamu terbebas dari bau ketiak yang tidak sedap adalah dengan rajin menjaga kebersihan tubuh. Selain rajin mandi sebelum dan sesudah berkegiatan, kamu juga wajib menggunakan sabun anti bakteri, agar ketiak kamu tidak mudah terpapar bakteri. Setelah mandi, pastikan ketiak kamu sudah dikeringkan dengan benar. Sebab, area ketiak yang lembab bisa menumbuhkan bakteri yang menimbulkan bau.

2. Kenakan Pakaian yang Bersih

Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami (via DokterSehat)

Untuk menjaga kebersihan ketiak, sebaiknya pastikan pakaian yang kamu gunakan selalu dalam keadaan bersih. Hindari memakai pakaian yang sudah berhari-hari tergantung di gantungan baju. Sebab, pakaian tersebut bisa saja sudah terkontaminasi bakteri karena pemakaian sebelumnya. Jangan lupa juga gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat, dan pastikan pakaian yang kamu gunakan tidak terlalu ketat agar kulit kamu bisa bernapas.

3. Cukur Bulu Ketiak

Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami (via Liputan6)

Tahu nggak sih kalau mencukur bulu ketiak bisa menurunkan risiko bau ketiak. Sebab, bakteri tidak bisa bersembunyi pada bulu-bulu ketiak. Kamu bisa mencukur ketiak dengan alat cukur yang sudah bersih atau melalui proses waxing agar bulu ketiak bisa tercabut sempurna.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi bau ketiak tanpa menggunakan deodorant. Jika kamu alergi terhadap bahan aktif deodorant, cara tersebut bisa menjadi alternatif agar kamu tetap percaya diri sepanjang hari. Selamat mencoba!

Cara Mengatasi Bau Ketiak Secara Alami (via Alodokter)