Bisa Mengganggu Penampilan, Kenali Ciri-Ciri 'Fried Hair' yang Nggak Boleh Dibiarkan

Kamu wajib mengenali ciri-ciri fried hair agar segera diatasi dengan baik. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Fried hair merupakan kondisi rambut rusak akibat paparan panas berlebih, bahan kimia, dan perawatan yang salah. Kondisi ini tentu sangat mengganggu. Karena itu kamu wajib mengenali ciri-ciri fried hair agar segera diatasi dengan baik. Nah, buat kamu yang tahu seperti apa kondisi fried hair, yuk simak sejumlah ciri-cirinya berikut ini seperti dikutip dari laman Hello Sehat.

1. Rambut Kusut

Ciri-ciri pertama kalau rambut kamu mengalami 'fried hair' adalah rambut terlihat kusut dan susah diatur. Hal ini dikarenakan rambut kekurangan kelembaban. Hal yang menyebabkan berkurangnya kelembaban rambut adalah karena seringnya terpapar sinar matahari dan karena pemakaian produk rambut yang tidak tepat.

2. Rambut Bercabang dan Mudah Patah

Ciri-Ciri Fried Hair (via Orami)

Selain rambut tampak kusam, fried hair juga ditandai dengan rambut yang bercabang, yakni ujung rambut terbelah menjadi dua. Selain itu, rambut yang rusak akan mengalami penurunan kelenturan, sehingga menjadi mudah patah saat disisir.

3. Rambut Mudah Kusut

Ciri-Ciri Fried Hair (via Parapuan)

Ciri selanjutnya kalau rambut kamu mengalami fried hair adalah rambut jadi mudah kusut. Perlu diketahui bahwa rambut memiliki pelindung yang disebut kutikula. Jika rambut mengalami kerusakan, maka kutikula akan terlepas dan patah. Kutikula yang terlepas mengakibatkan rambut mudah kusut dan susah untuk disisir.

4. Rambut Mengembang

Ciri-Ciri Fried Hair (via Sociolla)

Rambut mengembang ternyata juga merupakan salah satu ciri rambut mengalami fried hair. Penyebabnya adalah karena lapisan kutikula pada rambut mengalami kerusakan. Alhasil, rambut jadi kehilangan kelembapan, sehingga menjadi lebih ringan, kering, dan mengembang.

5. Rambut Menipis

Ciri-Ciri Fried Hair (via Scarf Media)

Ciri terakhir dari fried hair adalah rambut yang menipis. Hal tersebut biasanya terjadi karena adanya kerontokan yang parah. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab rambut rontok, mulai dari stres, pola makan, hingga faktor genetik.

Nah, itu tadi beberapa ciri-ciri ‘fried hair’ yang wajib diketahui sejak dini agar cepat diatasi. Jangan sepelekan masalah rambut, karena tak hanya berdampak pada penampilan namun juga kesehatan kulit kepala di masa mendatang.

Ciri-Ciri Fried Hair (via Merdeka)