Mengenal Macam dan Manfaat Olahraga Kardio, Ternyata Penting Banget Dilakukan Rutin!

Mengenal Macam dan Manfaat Olahraga Kardio, Ternyata Penting Banget Dilakukan Rutin!

Ketika kamu telah menggerakkan otot-otot besar di kaki, lengan, dan pinggul dalam jangka waktu yang lama, jantungmu akan berdetak lebih cepat. Kamu juga akan bernapas lebih cepat dan dalam, serta berkeringat.  

Ketika otot-otot utama ini terlibat dalam latihan, ada peningkatan laju respirasi untuk menghasilkan energi. Nah, kkebutuhan akan lebih banyak oksigen menyebabkan peningkatan pernapasan dan detak jantung. Dan bentuk aktivitas seperti itu disebut latihan kardiovaskular—atau singkatnya cardio.

# Tentang Latihan Kardio

Latihan kardiovaskular adalah setiap aktivitas kuat yang meningkatkan denyut jantung dan pernapasan serta meningkatkan oksigen dan aliran darah ke seluruh tubuh sambil menggunakan kelompok otot besar tubuh secara berulang dan berirama. 

Aktivitas seperti itu semakin menantang organ tubuh bagian dalam Anda yang paling vital dan meningkatkan fungsi dan kinerja jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah. 

Kardio meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk kesehatan jantung, kesehatan mental, suasana hati, tidur, pengaturan berat badan dan metabolisme.

Anatomi jantung manusia (dictio.id)

# Macam-Macam Latihan Kardio

Berikut ini adalah beberapa latihan kardio yang bisa kamu lakukan setiap hari:

1. Jalan cepat

2. Berlari atau joging di tempat

3. Burpee

4. Berenang 

5. Aerobik air

6. Bersepeda

7. Menari 

8. Ski

9. Voli, basket, sepak bola, tenis atau badminton

10. Mendayung

11. Kayak, atau kano

12. Latihan sirkuit

13. Lompat tali

14. Roller skate

15. Mendaki

16. Seni bela diri

17. Golf

Latihan kardio di tempat gym (idntimes.com)

# Manfaat Olahraga Kardio

Latihan kardio menggunakan otot-otot besar tubuhmu dalam gerakan selama periode waktu yang berkelanjutan. Dengan latihan ini, kamu bisa menjaga detak jantungmu setidaknya 50 persen dari tingkat maksimumnya. 

Dengan latihan yang teratur, kamu akan memiliki sistem kardiovaskular yang lebih kuat, dengan lebih banyak kapiler yang mengantarkan lebih banyak oksigen ke sel-sel di otot tubuhmu. Kamu juga akan menikmati peningkatan stamina dan daya tahan dengan setiap sesi yang lewat.

Berikut ini manfaat latihan kardio secara rutin:

1. Menyehatkan jantung

Ketika kamu melakukan 30-60 menit latihan kardiovaskular setiap hari, kamu dapat membangun otot yang lebih kuat, termasuk otot jantung, yang mengontrol tekanan darah, meningkatkan HDL (kolesterol baik), menurunkan kecemasan dan stres, menurunkan protein dan lemak darah yang berkontribusi terhadap pembekuan darah, mencegah penyakit jantung, dan mengurangi gula darah dan mengelola diabetes.

2. Menyehatkan otak

Dengan melakukan kardio secara teratur, daerah otak yang mengontrol memori dan keterampilan berpikir tumbuh dalam volume atau ukuran. Aktivitas kardiovaskular yang sering juga mengurangi tingkat penyusutan ukuran otak pada orang tua, meningkatkan fungsi kognitif mereka.

3. Meningkatkan metabolisme

Semua jenis kardio meningkatkan metabolisme melalui produksi hormon Fibroblast Growth Factor 21 (FGF21), yang meningkatkan metabolisme tubuh, menekan nafsu makan dan menyebabkan lebih banyak kalori yang dibakar.

4. Menjaga berat badan ideal

Dengan meningkatkan detak jantung ke zona detak jantung target, yaitu zona di mana tubuh membakar kalori paling banyak, kardio membantu membakar kelebihan kalori dan mengontrol berat badan. Latihan seperti berjalan, berenang, berlari, dan joging membakar kelebihan kalori dari waktu ke waktu sementara kardio intensitas sedang hingga tinggi membakar cukup banyak kalori per sesi latihan.

5. Memperbaiki mood dan energi

Latihan kardiovaskular memicu peningkatan sekresi endorfin—bahan kimia saraf yang menyebabkan perasaan euforia. Kardio juga menyebabkan peningkatan produksi hormon peningkat suasana hati seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin.

6. Menjaga daya tahan tubuh

Olahraga teratur meningkatkan pelepasan antibodi dan sel darah putih, yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

7. Mengelola atritis

Latihan kardiovaskular membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan radang sendi dan meminimalkan kekakuan pada sendi melalui gerakan.

Itu tadi penjelasan lengkap soal olahraga kardiovaskular dan manfaatnya untuk kesehatan tubuhmu. Yuk olahraga secara rutin yuk!

Cara lain yang bisa menyehatkan otak (m.kaskus.co.id)