Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal ASI Tersumbat, Bisa Dihindari dan Ditangani Kok!

Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal ASI Tersumbat, Bisa Dihindari dan Ditangani Kok!

Saluran susu adalah saluran yang membawa susu ke seluruh payudara hingga ke area puting. Jika saluran susu tidak mengalir dengan baik (atau cukup sering) selama menyusui atau memompa, saluran susu bisa tersumbat. 

Tekanan yang menumpuk di balik sumbatan menyebabkan jaringan meradang, dan rasanya seperti kelereng kecil (yang lembut dan menyakitkan) masuk ke payudaramu. Hal ini bisa membuat ibu baru lengah, tetapi jangan panik! Meskipun menyakitkan, ini adalah bagian normal dari menyusui, dan ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk melonggarkan saluran susu yang tersumbat.

# Cara Menghindari ASI Tersumbat

Pembengkakan (saat ASI menumpuk di payudara sehingga menyebabkan payudara terasa berat dan penuh) dapat menyebabkan saluran tersumbat. Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu menghindari pembengkakan dan mengurangi kemungkinan saluran tersumbat:

1. Biarkan bayi baru lahir menyusu dan menyusu selama yang mereka inginkan.

2. Pastikan bayi melakukan pelekatan dengan baik (konsultan laktasi dapat menjadi sumber daya untuk membantumu dan bayi menemukan cara terbaik untuk menyusu).

3. Jika kamu jauh dari bayimu, cobalah untuk memompa sesering biasanya kamu menyusuinya.

4. Jika kamu memompa secara eksklusif, pastikan untuk mengikuti jadwal pemompaan sebisa mungkin.

Memompa ASI untuk mengosongkan payudara (sehatq.com)

5. Pastikan bra-mu mendukung, namun tidak terlalu ketat sehingga dapat membatasi saluran susu (bra berkawat sangat tidak disarankan).

6. Saat menyapih, atau saat jadwal bayi berubah dan tidak makan sebanyak biasanya, perah dengan tangan atau pompa ASI secukupnya untuk mengurangi tekanan. Tubuhmu akan menyesuaikan diri dan mulai memproduksi lebih sedikit ASI.

Lancar menyusui bisa mencegah ASI tersumbat (sindonews.com)

# Cara Mengatasi Saluran ASI yang Tersumbat

Meskipun saluran yang tersumbat adalah hal biasa, penting juga untuk segera memperbaiki penyumbatan setelah kamu menyadarinya. Berikut beberapa hal yang dapat lakukan dengan cepat untuk membantu menjaga ASI-mu tetap mengalir:

1. Sering-seringlah menyusui, dimulai dari payudara yang tersumbat (kita berbicara setiap 2 jam sekali!) untuk membantu mengendurkannya dan membantu aliran ASI.

2. Saat menyusui, cobalah posisi memegang yang berbeda dengan mengarahkan dagu bayi ke area di mana sumbat berada, hal ini dapat membantu memfokuskan hisapan bayi pada saluran yang terpengaruh. 

3. Pijat tepat di belakang area yang terkena dengan gerakan memutar, lalu ke arah luar menuju puting sebelum dan selama menyusui atau memompa.

4. Gunakan kompres hangat di area di mana saluran tersumbat, atau mandilah dan biarkan air panas mengenai area yang tersumbat.

Itu tadi cara menghindari dan mengatasi ASI tersumbat yang perlu Ayah Bunda ketahui. Tetap tenang dan jangan panik ya. Jika ASI masih juga tersumbat setelah melakukan cara-cara di atas, segera ke dokter ya!

Pijat laktasi juga bisa mengatasi ASI tersumbat (theasianparent.com)