Benarkah Bahaya Membangunkan Orang yang Sedang Tidur Berjalan? Cari Tahu Jawabnya di Sini

Benarkah Bahaya Membangunkan Orang yang Sedang Tidur Berjalan? Cari Tahu Jawabnya di Sini

Berjalan dalam tidur adalah gangguan tidur yang penyebab dan akibat pastinya tidak diketahui masyarakat umum. Sering dikatakan bahwa orang yang berjalan dalam tidur tidak boleh dibangunkan karena bisa berbahaya dampaknya. Tapi, apakah ini benar?

# Apa itu Tidur Berjalan

Tidur berjalan merupakan gangguan perilaku yang terjadi saat tidur nyenyak dan mengakibatkan seseorang berjalan atau melakukan tindakan kompleks.

Berjalan dalam tidur terutama menyerang anak-anak berusia antara 2 dan 13 tahun (29% menurut organisasi tersebut), namun juga dapat memengaruhi 4% orang dewasa. Seseorang yang mengalami sleepwalking mampu duduk, berjalan atau bahkan berbicara dengan relatif koheren saat masih dalam keadaan setengah tidur. 

Karena orang yang berjalan dalam tidur mungkin meninggalkan tempat tidur tanpa menyadarinya dan bahkan tanpa mengingat tindakannya setelah bangun tidur, kejadian ini dapat menimbulkan bahaya nyata terjatuh, cedera, dll.

Contoh tidur berjalan ke kulkas sendiri (kompas.com)

Viral, wanita yang tidur berjalan tapi mirip orang kerasukan (news.ondozone.id)

# Apakah Membangunkan Orang yang Tidur Berjalan, Berbahaya?

Tidur berjalan tidak berbahaya. Kamu pun bisa membangunkannya, tapi itu tidak berguna. Kamu dapat mencoba berbicara dengannya dengan tenang, tetapi kamu tidak perlu membangunkannya. Ada cara untuk membuat dirimu didengar. Tapi orang yang berjalan dalam tidur kebanyakan kembali ke tempat tidurnya sendiri.

Kesimpulannya adalah sebagian besar tidur berjalan ini tidak mempunyai konsekuensi. Namun jika kamu pernah berhadapan dengan orang yang berjalan dalam tidur yang berpotensi dalam bahaya, jangan ragu untuk turun tangan!

Anak-anak yang sleepwalking (nationwidechildrens.org)