5 Kota Terdingin di Indonesia yang Suhunya Bikin Mager

Ada beberapa kota terdingin di Indonesia yang memiliki suhu hampir mendekati musim dingin di negeri Eropa.

Indonesia dikenal dengan iklim tropisnya yang hangat sepanjang tahun. Meski demikian, bukan berarti seluruh wilayah memiliki suhu yang sama. Ada beberapa kota terdingin di Indonesia yang memiliki suhu hampir mendekati musim dingin di negeri Eropa.

Daerah-daerah yang memiliki suhu ekstrim ini umumnya terletak di daerah pegunungan atau berada di ketinggian. Alhasil, jika berada di sana, dijamin kamu bakal mager dan memilih untuk mengenakan selimut sepanjang hari. Kota mana saja yang dimaksud? Berikut daftarnya:

1. Kota Mulia, Papua

Kawasan Papua, yang terkenal dengan Puncak Jayawijaya, umumnya memang memiliki suhu rendah. Terletak di kawasan Papua yang penuh dengan hutan hujan tropis, Kota Mulia adalah salah satu kota terdingin di Indonesia. Ketinggiannya yang mencapai sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut membuat suhu udara di kota ini sering turun hingga mendekati titik beku, terutama pada malam hari.

2. Waghete, Papua

Kota Terdingin di Indonesia (via Phinemo)

Waghete adalah kota kecil yang juga terletak di Papua, dan berada pada ketinggian yang cukup tinggi. Suhu udaranya bisa sangat dingin, terutama di malam hari. Ini adalah daerah yang cukup terpencil dan cocok bagi mereka yang mencari cuaca yang lebih sejuk di tengah kehangatan Papua.

3. Mamasa, Sulawesi Barat

Kota Terdingin di Indonesia (via Wisato)

Mamasa adalah salah satu kota di Sulawesi Barat yang terkenal dengan suhu udaranya yang dingin. Terletak di pegunungan, Mamasa memiliki lanskap yang indah dan suhu yang sering turun ke kisaran 15 derajat Celsius atau bahkan lebih rendah pada musim dingin.

4. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Kota Terdingin di Indonesia (via Liputan)

Ruteng adalah kota yang terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Ketinggiannya sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, dan suhu di sini bisa cukup dingin, terutama pada malam hari. Daerah sekitarnya juga terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan.

5. Berastagi, Sumatera Utara

Kota Terdingin di Indonesia (via Daon Lontar)

Berastagi adalah kota yang terletak di dekat Danau Toba, Sumatera Utara. Terletak di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut, kota ini memiliki suhu yang cukup sejuk sepanjang tahun. Berastagi terkenal dengan kebun-kebun buah dan sayur serta pemandangan alam yang indah.

Meskipun Indonesia dikenal dengan iklim tropisnya yang hangat, ada kota-kota terdingin di Indonesia yang memungkinkanmu merasakan cuaca yang lebih sejuk. Jika bosan dengan panasnya cuaca tropis, kamu dapat mengunjungi salah satu dari kota-kota ini untuk merasakan suhu dingin yang jarang ditemukan di Indonesia. Jangan lupa bawa baju hangat saat berkunjung ya!

 

Kota Terdingin di Indonesia (via Tokopedia)