5 Makanan yang Memicu Kerutan, Wajib Dihindari Nih!

ternyata ada sejumlah makanan yang memicu kerutan sehingga wajib dihindari buat kamu yang tidak ingin mengalami penuaan dini. Apa saja?

Kamu pasti pernah membaca tentang beberapa makanan yang dapat mempercantik kulit sekaligus membuatnya sehat. Tapi ternyata ada sejumlah makanan yang memicu kerutan sehingga wajib dihindari buat kamu yang tidak ingin mengalami penuaan dini.

Makanan-makanan tersebut umumnya mengandung gula, natrium, dan sulfat dalam jumlah besar, sehingga dapat berakibat buruk pada kulit. Lantas, makanan apa saja sih yang membuat kerutan datang lebih cepat? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Smoothie Buah

Smoothie buah sering dianggap sebagai minuman yang menyehatkan karena dibuat dari bahan dasar buah. Namun nyatanya minuman ini tinggi gula, sehingga minuman ini dapat melemahkan produksi kolagen dan mengurangi elastisitas kulit.

2. Minuman Energi

Makanan yang Memicu Kerutan (via BP Guide)

Minuman penambah energi mungkin bisa meningkatkan staminamu, tapi sayangnya minuman ini dapat merusak kulit. Sebab minuman penambah energi umumnya mengandung tinggi gula yang dapat mempengaruhi kolagen, dan kafein yang dapat membuat kulit mengalami dehidrasi.

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang Memicu Kerutan (via ProductNation)

Makanan yang digoreng memang memiliki citarasa yang lebih lezat, tapi sayangnya sering mengonsumsi makanan yang digoreng dapat mempercepat penuaan.  Sebab makanan tersebut dapat meningkatkan senyawa inflamasi yang menjadikan kulit lebih rentan terhadap kerusakan eksternal.

4. Buah Kering

Makanan yang Memicu Kerutan (via Kompas)

Siapa nih yang suka ngemil buah kering? Meski berasal dari buah, nyatanya banyak produk yang dijual dengan pengawet agar lebih tahan lama. Karenanya, makanan ini dapat membuat kulit cepat keriput karena kandungan sulfatnya. Sulfat merupakan pengawet pada buah yang bisa meningkatkan tingkat radikal bebas dalam tubuh.

5. Rice Crackers

Makanan yang Memicu Kerutan (via Cakefever)

Banyak yang menganggap bahwa rice crackers adalah camilan sehat. Tapi ternyata makanan ini mengandung indeks glikemik yang tinggi. Sehingga dapat mengurangi produksi kolagen dan memicu kerutan.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja makanan yang memicu kerutan? Kalau kamu hobi mengonsumsi makanan dan minuman tadi,  sebaiknya hindari dari sekarang sebelum terlambat. Yuk mulai terapkan gaya hidup sehat dari sekarang!

Makanan yang Memicu Kerutan (via Foods Guy)