Beda Penanganan, Ini Jenis Ruang di Rumah Sakit Beserta Fungsinya

Ada beberapa jenis ruang di rumah sakit yang memiliki fungsi berbeda. Apa saja? Simak ulasan berikut!

Rumah sakit adalah fasilitas penting dalam pelayanan kesehatan yang memiliki berbagai ruangan dengan fungsi khusus. Setiap ruangan memiliki peran masing-masing dalam memberikan perawatan dan pengobatan kepada pasien. Artikel ini akan mengulas berbagai macam ruangan di rumah sakit berdasarkan sumber yang terpercaya.

1. Ruang Rawat Inap

Ruang rawat inap disediakan sebagai tempat pasien tinggal selama menjalani perawatan dalam waktu yang lebih lama. Pengguna kamar ini adalah mereka yang memerlukan penanganan intensif dan observasi karena kondisi yang dijalani. Ruang rawat inap sendiri dapat memiliki beberapa tipe, seperti:

·         Single Room (Kamar Pribadi): Ruangan pribadi yang juga sering disebut VIP ini disediakan untuk satu pasien dengan fasilitas kamar mandi sendiri.

·         Double Room (Kamar Dua Pasien): Ruangan untuk dua pasien dengan pemisahan tempat tidur dan perlengkapan.

·         Ward (Ruang Umum): Ruangan yang dapat menampung beberapa pasien dengan pemisahan tempat tidur melalui tirai atau partisi.

Tipe-tipe ruang rawat inap ini juga umumnya berkaitan dengan kelas pelayanan yang dipilih pasien. Walaupun umumnya tindakan yang diberikan sesuai standard, namun pasien di kelas single tentunya mendapat fasilitas kamar yang lebih baik dan prioritas.

2. Ruang Gawat Darurat

Jenis Ruang di Rumah Sakit (via Trustmedis)

Ruang ini dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih dan tenaga medis yang siap memberikan penanganan cepat untuk kondisi darurat. Di ruang ini, pasien dengan cedera serius atau masalah kesehatan yang mengancam jiwa menerima perawatan segera.

3. Berkaitan dengan Operasi

Jenis Ruang di Rumah Sakit (via RS Awal Bros)

Berikut ini adalah beberapa ruangan yang digunakan tenaga medis untuk menangani pasien yang berkaitan dengan tindakan operasi.

·         Ruang Operasi: Ini adalah tempat di mana prosedur medis, seperti operasi, dilakukan. Ruang operasi dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih dan tim medis yang terlatih untuk melaksanakan prosedur medis yang kompleks.

·         Ruang Persiapan Pra-Operasi dan Pemulihan: Pasien yang akan menjalani operasi akan dirawat di ruang ini sebelum operasi dan setelah operasi untuk pemulihan. Di sini, pasien akan mendapatkan perawatan khusus sebelum dan setelah prosedur operasi.

4. Ruang Bersalin

Jenis Ruang di Rumah Sakit (via UMM Hospital)

Ruang ini dirancang khusus untuk proses kelahiran bayi. Fasilitasnya mencakup tempat tidur persalinan, peralatan medis, serta tim medis yang siap memberikan perawatan saat persalinan.

5. Ruang Perawatan Intensif (ICU)

Jenis Ruang di Rumah Sakit (via Prenagen)

Ruang ini digunakan untuk merawat pasien dengan kondisi kritis atau penyakit serius. Ruang ICU dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan tim medis yang terlatih untuk memberikan perawatan intensif.

6. Ruang Pendukung

Jenis Ruang di Rumah Sakit (via RSUD Ratu Zalecha)

Selain itu, ada beberapa ruang lain yang juga tak kalah penting proses penanganan dan perawatan pasien di rumah sakit. Berikut beberapa di antaranya:

·         Ruang Konsultasi: Ruang ini digunakan untuk konsultasi antara pasien dan dokter. Pasien dapat berbicara tentang gejala, diagnosis, dan rencana pengobatan dengan dokter di ruangan ini.

·         Ruang Pemeriksaan: Ini adalah ruangan di mana pasien menjalani pemeriksaan medis, seperti tes darah, rontgen, atau USG. Ruang ini dilengkapi dengan peralatan khusus untuk berbagai jenis pemeriksaan.

·         Ruang Makanan Pasien: Ruang ini digunakan untuk memberikan makanan kepada pasien. Dietitians akan merancang menu yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan pasien. Setelahnya makanan akan dibagikan kepada pasien di kamar masing-masing.

·         Ruang Farmasi: Ini adalah ruang di mana obat-obatan disimpan dan disiapkan untuk pasien. Apoteker bertanggung jawab dalam memastikan obat-obatan yang diberikan kepada pasien sesuai dengan resep dokter.

7. Ruang Perawatan Anak

Jenis Ruang di Rumah Sakit (via Pixabay)

Di rumah sakit, tempat untuk merawat anak-anak dibedakan dari orang dewasa dengan fasilitas dan peralatan medis diadaptasi untuk kebutuhan anak-anak. Berikut beberapa di antaranya:

·         Ruang rawat inap untuk bayi dan anak yang sakit

·         Ruang bayi untuk menempatkan bayi baru lahir

·         NICU untuk merawat bayi di bawa 28 hari yang memerlukan pengawasan intensif

·         PICU adalah kamar untuk merawat bayi dengan kondisi kritis dan serius.

 Setiap jenis ruang di rumah sakit memiliki peran yang krusial dalam memberikan perawatan dan pengobatan kepada pasien. Dengan beragam jenis ruangan ini, rumah sakit mampu memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan medis pasien.

Jenis Ruang di Rumah Sakit (via RSUD Kertosono)