Masih Ingat Boygrup ZE:A? Gini Kabar 9 Membernya Setelah 6 Tahun Hiatus, Ada Yang Kena Kasus Hingga Jadi Petinju

Menelisik kabar 9 member ZE:A setelah hiatus selama 6 tahun, ada yang jadi aktor hingga petinju.

Nama grup ZE:A mungkin terasa asing untuk para K-Popers baru. Hal ini mengingat boygrup asuhan Star Empire Entertainment itu sudah enam tahun hiatus dari dunia hiburan Korea Selatan. Sebelumnya, ZE:A turut bersaing dengan grup-grup generasi kedua di tahun 2010.

Sebagai informasi, ZE:A debut dengan single Mazeltov di tahun 2010. Beranggotakan sembilan orang, ZE:A jadi salah satu grup yang berhasil mencuri perhatian. ZE:A sempat merilis beberapa album sebelum seluruh personel meninggalkan agensi pasca kontrak berakhir tahun 2017.

Terakhir ZE:A comeback di tahun 2017 dan sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan kembali ke panggung. Pihak agensi mengumumkan ZE:A tidak bubar dan akan comeback disaat yang belum ditentukan. Lantas bagaimana kabar para member ZE:A? Simak penjelasannya berikut!

1. Kim Tae Heon

Rapper di ZE:A ini mengalami banyak suka dan duka sejak grupnya hiatus. Pada tahun 2020 lalu, Taeheon sempat dikabarkan bergabung dengan Midas Entertainment dan membentuk grup duo bersama penyanyi Seong Chang Yong. Tapi belum lama ini, Tae Heon jadi sorotan setelah mengaku mengalami kesulitan keuangan. 

Bahkan dua tahun lalu, Kim Tae Heon sempat bekerja di lokasi konstruksi untuk menghasilkan uang. Namun sayangnya, dia tidak bisa membayar tagihannya. Saat ini, pria kelahiran 1989 itu bekerja di pusat distribusi Coupang. Tae Heon juga sempat memenangkan kompetisi petinju pemula.

2. Lee Hoo

Kim Tae Heon (Koreaboo)

Sang leader Lee Hoo diketahui baru kembali dari wajib militernya pada 2022 lalu. Tapi dua bulan setelahnya, idol bernama asli Moon Joon Young itu didakwa karena mengemudi dalam keadaan mabuk. Ini merupakan kali kedua, Lee Hoo terlibat kasus yang juga dikenal dengan istilah DUI ini. 

Sebelumnya, Lee Hoo pernah didakwa atas kasus yang sama di tahun 2018. Sejak tersandung kasus untuk kedua kalinya tersebut, Lee Hoo sama sekali tidak lagi terlihat oleh publik. Idol yang juga aktor ini belum pernah lagi memposting apa pun di media sosial hingga saat ini.

3. Kevin Kim

Lee Hoo atau Moon Joonyoung (Twitter)

Seletah 10 tahun menghabiskan waktunya berkarier di Korea Selatan, rapper ZE:A ini memutuskan kembali ke negara asalnya, Australia. Meski begitu, Kevin masih aktif sebagai MC, host acara raduo hingga berbagi video memasak di saluran YouTube-nya.

4. Ha Min Woo

Kevin Kim (Instagram)

Ha Min Woo masih terus menggeluti bidang musik. Dia kerap merilis karya dan melakukan dance cover grup, seperti EXO dan Stray Kids. Min Woo juga sering menghabiskan waktu dengan bepergian. Terbaru, Ha Min Woo dikabarkan bakal main web drama A Cheerful Young Day.

5. Kwanghee

Ha Min Woo (Instagram)

Kwanghee termasuk salah satu member ZE:A yang masih aktif berseliweran di industri K-Pop. Namun bukan sebagai musisi. Idol kelahiran 1988 ini aktif sebagai MC beberapa variety show populer, salah satunya Weekly Idol dan kerap berinteraksi dengan para idol.

Tidak hanya itu, Kwanghee kini juga didapuk menjadi pembawa acara Domestic Gift Factory untuk menyambut tamu terkenal seperti ENHYPEN, EXO, SEVENTEEN serta bahkan sesama member ZE:A, Im Si Wan. Dia pun kerap muncul di program Return of Superman.

6. Im Si Wan

Kwanghee (Instagram)

Mungkin belum banyak yang tahu, kalau Im Si Wan merupakan member ZE:A sebelum akhirnya sukses sebagai aktor dan membintangi banyak drama Korea populer, seperti Strangers from Hell, Run On hingga Summer Strike. Saat ini, Si Wan disibukkan dengan berbagai proyek akting.

Bintang berusia 34 tahun ini bahkan dijuluki sebagai aktor spesialis psikopat karena kerap berperan dalam drama dan film thriller. Terbaru, Im Si Wan tengah bersiap untuk tampil dalam serial orsinil Netflix Squid Game 2.

7. Park Hyung Sik

Im Si Wan (YouTube)

Sama seperti Im Si Wan, tak banyak pula yang tahu kalau sebenarnya Park Hyung Sik yang kini dikenal sebagai aktor ternama adalah seorang idol dan merupakan member ZE:A. Pada 2023, Hyung Sik diketahui membintangi drama Our Blooming Youth dan tengah mempersiapkan serial Doctor Slump bersama Park Shin Hye. 

8. Kim Dong Jun

Park Hyung Sik (Berbagai Sumber)

Senada dengan Im Si Wan dan Park Hyung Sik, Kim Dong Jun kini juga aktif sebagai aktor. Dia beberapa kali tampil dalam drama diantaranya About Time dan More Than Friends. Dong Jun juga baru saja menyelesaikan wajib militernya pada bulan Januari lalu. Kini, dia tengah bersiap untuk tampil dalam serial terbaru Goryeo-Khitan War.

9. Jeong Hee Cheol

Kim Dong Jun (Instagram)

Berbeda dari rekan-rekannya, Jeong Hee Cheol menjalani kehidupan yang tenang sejak grupnya hiatus. Dia hanya memposting sekitar dua foto dalam setahun. Adapun foto yang dibagikan pun kebersamaan dengan hewan peliharaannya ataupun sesekali pertemuan dengan member ZE:A lainnya.

Jeong Hee Cheol (Allkpop)