Benarkah Ammar Zoni Tidak Bisa Dituntut? Simak Fakta-Faktanya!

Benarkah Ammar Zoni Tidak Bisa Dituntut? Simak Fakta-Faktanya!
Ammar Zoni menjalani sidang perdana terkait narkoba pada Selasa (22/8) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Apa saja fakta yang menarik?

Setelah beberapa lama menjalani penahanan, Ammar Zoni menjalani sidang perdana terkait narkoba pada Selasa (22/8) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keluarga yang hadir dalam kesempatan ini adalah Aditya Zoni, sementara Irish Bella disebut berhalangan hadir. Apa saja hal-hal menarik dari persidangan ini? Berikut beberapa fakta yang berhasil dirangkum:

1. Ammar Zoni Menggunakan Narkoba di Thailand

Abdullah Emile Oemar, selaku penasihat hukum Ammar Zoni, mengungkapkan bahwa penangkapan dilakukan kurang lebih satu minggu setelah yang bersangkutan mengonsumsi sabu dan ganja. Menariknya, sang artis ternyata menggunakan narkoba saat sedang berada di Thailand.

Locus delicti  (lokasi penggunaan) di Negeri Gajah Putih tersebut membuat Ammar Zoni mungkin tak bisa dituntut di Indonesia. Pasalnya, di Thailand, penggunaan ganja adalah hal yang legal. Meski demikian, Oemar tetap tidak membenarkan penyalahgunaan jenis narkoba apapun.

“Jadi sebenarnya kalau posisi pemakaian di Thailand itu bukan yurisdiksi jaksa atau tidak terkait dengan hukum yg berlaku di Indonesia, karena posisi lagi di luar negeri," ungkap Abdullah Emile Oemar. "Dan kebetulan sepengetahuan saya, baik ganja untuk di Thailand itu legal. Jadi apabila dia makainya di sana, jaksa di sini nggak bisa nuntut," sambungnya.

2. Pakai Narkoba karena Ingin Kurus

Fakta Sidang Perdana Ammar Zoni (via Tribunnews)

Ammar Zoni pernah ditangkap pada Juli 2017 karena kasus yang sama, dan saat itu berjanji takkan menggunakan narkoba lagi. Namun seiring waktu, sang aktor rupanya kembali menggunakan barang haram tersebut dengan alasan ingin menguruskan badan. Dia mengaku mendapat informasi dari internet bahwa menggunakan narkoba bisa menurunkan nafsu makan sehingga berat badan bisa turun.

3. Soal Ketidakhadiran Irish Bella

Fakta Sidang Perdana Ammar Zoni (via Paragram)

Irish Bella memang disebut berhalangan hadir karena ada kepentingan pribadi. Menanggapi hal ini, Ammar Zoni terlihat santai dan tetap yakin bahwa istrinya akan tetap mendoakan. “Bagi saya, Irish datang atau tidak datang, saya yakin dia selalu mendoakan yang terbaik," kata Ammar Zoni saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Aditya Zoni, adik Ammar, yang hadir bersama sang ayah, juga mengungkapkan bahwa kakak iparnya memang sedang berhalangan. Dia juga mengungkap bahwa Irish memang jarang menjenguk suaminya di penjara karena sibuk mengurus anak-anaknya. Selain itu, Ammar juga melarang istrinya menjenguk ke tahanan karena berbagai pertimbangan.

Itulah beberapa fakta tentang sidang perdana Ammar Zoni. Sebagai informasi, ayah dua anak ini ditangkap di rumahnya yang ada di Sentul pada 8 Maret 2023 lalu. Saat itu dia dalam kondisi sadar, namun hasil tes menyatakan bahwa dirinya positif narkoba.

Fakta Sidang Perdana Ammar Zoni (via Instagram)